Pembelajaran Inovasi (Discovery Learning)

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Pembelajaran inovasi merupakan salah satu model pembelajaran yang dipakai dalam pendekatan konstruktivis modern. Pada pembelajaran penemuan, siswa didorong untuk terutama berguru sendiri melalui keterlibatan aktif dengan konsep-konsep dan prinsip-prinsip. Guru mendorong siswaagar memiliki pengalaman dan melaksanakan eksperimen dengan memungkinkan mereka menemukan prinsip-prinsip atau konsep-konsep bagi diri mereka sendiri.

Pembelajaran inovasi memliki beberapa kelebihan. Pembelajaran inovasi membangkitkan keingintahuan siswa, memotivasi siswa untuk terus bekerja sampai menemukan jawaban. Siswa melalui pembelajaran inovasi memiliki kesempatan untuk berlatih menuntaskan soal, mempertajam berpikir kritis secara mandiri, sebab mereka harus menganalisa dan memanipulasi informasi.

Pembelajaran inovasi juga memiliki beberapa kelemahan, di antaranya sanggup menghasilkan kesalahan dan membuang-buang waktu. Karena itu, pembelajaran inovasi terpimpin (guided discovery learning) lebih banyak dipakai dibanding pembelajaran inovasi murni. Dalam pembelajaran inovasi terpimpin atau inovasi terbimbing, guru memainkan tugas yang lebih aktif dibanding pembelajaran inovasi terbimbing murni. Guru sanggup memperlihatkan petunjuk, menata bagian-bagian suatu kegiatan, atau memperlihatkan sebuah garis besar.
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Pembelajaran Inovasi (Discovery Learning)"

Posting Komentar