ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Penggunaan Kartu Tagihan Hafalan Qunut sebagai Upaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas 2 MI Geluran Taman Sidoarjo Tahun Pelajaran 2009/2010
Oleh:
Ofik Muhammad Taufik (MI Tahruddin, Lamongan)
Sumber Jurnal:
Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama Islam Volume 01, Nomor 01, Juni 2010 Halaman 122 - 132. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama Islam (JPTK-PAI) diterbitkan oleh Laboratorium Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya berhubungan dengan Madrasah Development Center (MDC) Kementerian Agama Wilayah Jawa Timur, dan Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam (AGPAI) Jawa Timur berdasarkan SK Dekan nomor: In.02/1/HK.00.5/SK/315/XII/2009 (ISSN: 2086-7239). Jurnal ini terbit dua kali setahun, dan berisi goresan pena ilmiah wacana tindakan pembelajaran pendidikan agama Islam di ruang pembelajaran, baik di lingkungan madrasah, pesantren, pendidikan umum, maupun perguruan tinggi tinggi.Abstrak:
Keberhasilan proses pembelajaran di kelas sebagian ditentukan oleh media pembelajaran. Kesiapan guru dalam mempersiapkan proses pembelajaran akan memilih kualitas dari hasil berguru itu sendiri. Penelitian Tindakan kelas ini berangkat dari permasalahan bahwa banyak siswa-siswi kelas 2 MI Geluran Taman Sidoarjo belum hafal doa Qunut. Oleh alasannya itu peneliti merumuskan persoalan bagaimana upaya penggunaan kartu tagihan hafalan Qunut sebagai upaya untuk meningkatkan hasil berguru Fiqih siswa Kelas 2 MI Geluran Taman. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui penggunaan kartu tagihan hafalan Qunut sebagai upaya meningkatkan hasil berguru Fiqih siswa Kelas 2 MI Geluran. Desain penelitian ini memakai Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Metode pengumpulan data memakai observasi, analisis masalahnya memakai prosentasi, memakai 2 siklus, hasil dari siklus pertama ialah 68% sedangkan siklus yang kedua ialah 87,5%. Oleh alasannya itu terjadi peningkatan hasil berguru pada mata pelajaran Fiqh dengan memakai media kartu tagihan hafalan Qunut ini.Kata kunci: Kartu Tagihan, Hasil Balajar, Qunut, Fiqh, ptk
PENDAHULUAN
Pendidikan ditinjau dari tujuan dan hakekatnya secara umum sanggup dimaknai sebagai suatu upaya untuk mengantarkan seorang insan menuju kedewasaan yaitu dengan cara menyebarkan secara optimal segala potensi yang ada pada dirinya, sehingga pada balasannya ia menerima kepuasaan diri, bisa mengikuti keadaan dengan baik terhadap kondisi masyarakat dan lingkungannya. Pendidikan itu berlangsung seumur hidup dan dilaksanakan dalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.Proses pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah ialah melalui jalur institusi atau sekolah dan tujuan pendidikan secara nasional bermaksud dalam suatu peraturan pemerintah yaitu Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 Tahun 2003 Bab II pasal 3 yang berbunyi:
‘’Tujuan pendidikan nasional ialah menyebarkan kemampuan dan bentuk tabiat serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk menyebarkan potensi penerima didik biar menjadi insan yang beriman dan bertakwa kepada Yang Mahakuasa Yang Maha Esa, berahklak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, berdikari dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab’’.
Sekolah ialah salah satu forum pendidikan yang mempunyai peranan yang sangat penting. Peranan tersebut ialah upaya menumbuhkan dan mengem-bangkan potensi anak didik ke arah lebih optimal dan faktual melalui proses berguru mengajar. Pada proses berguru setiap guru seyogyanya mengerakkan segenap kemampuan yang ia miliki dan meningkatkan terus pengetahuannya supaya sanggup melakukan pengajaran dengan baik, sehingga diperlukan siswa mempunyai sejumlah pengetahuan, keterampilan, perilaku dan prestasi yang memadai.Keberhasilan mengajar berdasarkan Purwanto dipengaruhi oleh faktor...............
Baca makalah ini sebagaimana aslinya di sini.
0 Response to "Laporan Ptk: Penggunaan Kartu Tagihan"
Posting Komentar