Laporan Ptk: Pendekatan Contextual

ADSENSE 336 x 280
Upaya Peningkatan Aktifitas Belajar Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Materi Asma'ul Husna Kelas IV Semester II di MINU Pucang Sidoarjo Tahun Pelajaran 2009 – 2010

Baihaki (MI Nurul Huda, Lumajang )

Sumber:
Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama Islam Volume 01, Nomor 01, Juni 2010 Halaman 53 - 65



Catatan: Makalah ini dipublikasikan di blog ini dengan tujuan untuk meningkatkan akomodasi para pendidik untuk memperolehnya dengan lebih banyak terindeks pada search engine. Makalah ini sepenuhnya bukan milik saya. Bila Anda pemilik makalah ini dan merasa bahwa tidak semestinya makalah ini diterbitkan di http://penelitiantindakankelas.blogspot.com, silakan menghubungi saya di sini, maka dengan bahagia hati saya akan menghapus konten ini. Terimakasih (admin).

Abstrak:
Penggunaan metode, strategi, dan pendekatan yang relevan dalam pembelajaran sangat dibutuhkan, termasuk penggunaan metode Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran Aqidah Akhlak bahan Asmaul Husna Kelas IV Semester II di MINU Pucang Sidoarjo Tahun Pelajaran 2009–2010. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu pertama, Apakah pendekatan contextual teaching and learning sanggup meningkatkan aktifitas berguru siswa-siswi kelas IV MINU Pucang semester II pada mata pelajaran Aqidah- Akhlak bahan asmaul husna, kedua apakah pendekatan contextual teaching and learning siswa kelas IV MINU Pucang semester II pada mata pelajaran Aqidah- Akhlak bahan asmaul husna sanggup mengaitkan dengan duduk kasus kehidupan kasatmata sehari-hari. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak tiga kali
ADSENSE Link Ads 200 x 90
acara yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, refleksi, dan rekomendasi. Dari hasil penelitian dan analisis diketahui bahwa dengan memakai pendekatan CTL aktifitas berguru siswa mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II, yaitu: siklus I (80,53%) dan siklus II (83,62%). Kesimpulan penelitian ini yaitu bahwa pendekatan contextual teaching and learning kuat positif terhadap peningkatan aktifitas berguru siswa-siswi kelas IV MINU pucang sidoarjo.

Kata kunci:
Aktifitas, Contextual teaching and learning, Aqidah Akhlak, Asmaul Husna


PENDAHULUAN
Pembelajaran kontekstual atau CTL (Contextual Teaching and Learning) merupakan suatu proses pendidikan yang holistik dan bertujuan membantu siswa-siswi untuk memahami makna bahan pelajaran yang dipelajarinya dengan mengkaitkan bahan tersebut dengan konteks kehidupan mereka sehari-hari (konteks pribadi, sosial dan kultural), sehingga siswa mempunyai pengetahuan/keterampilan yang secara fleksibel sanggup diterapkan (ditransfer) dari satu permasalahan ke permasalahan lain (Istiana dan Indayati , 2009;17).

CTL (Contextual Teaching Learning) yaitu konsep berguru yang membantu guru mengaitkan antara bahan yang diajarkan dengan situasi dunia kasatmata siswa yang mendorong siswa menciptakan kekerabatan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari (Depdiknas, 2002;1), oleh lantaran itu, penggunaan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) pada mata pelajaran Aqidah Akhlak bahan Asmaul Husna Kelas IV Semester II di MINU Pucang Sidoarjo merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan aktifitas berguru siswa, sehingga menunjang prestasi dan pemahaman siswa terhadap bahan Asmaul Husna..................baca selengkapnya makalah ini eksklusif dari sumber aslinya.
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

Related Posts :

0 Response to "Laporan Ptk: Pendekatan Contextual"

Posting Komentar