ADSENSE 336 x 280
PENGEMBANGAN MULTIPLE INTELLIGENCES MELALUI KEGIATAN NON-INTRAKURIKULER DALAM RANGKA MENINGKATKAN MUTU PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN
Oleh:
Siskandar
(Tenaga Fungsional Peneliti Balitbang Depdiknas)
Catatan: Makalah ini dipublikasikan di blog ini dengan tujuan untuk meningkatkan fasilitas para pendidik untuk memperolehnya dengan lebih banyak terindeks pada search engine. Makalah ini sepenuhnya bukan milik saya. Bila Anda pemilik makalah ini dan merasa bahwa tidak semestinya makalah ini diterbitkan di http://penelitiantindakankelas.blogspot.com, silakan menghubungi saya di sini, maka dengan bahagia hati saya akan menghapus konten ini. Terimakasih (admin).
Tujuan penelitian ini ialah untuk mendapat citra secara integral ihwal pengembangan multi-kecerdasan melalui kegiatannonintrakurikuler terhadap mutu proses dan hasil belajar. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif.Data dikumpulkan dengan memakai teknik observasi dan wawancara. Data dikumpulkan dari setting penelitian terpilih yaitu 6 SMA: (1) SMAN 3
Semarang, Jawa Tengah, (2) SMAN 1 Malang, Jawa Timur, (3) SMAN 4 Denpasar, Bali, (4) SMAN 2 Banjarmasin, Kalimantan Selatan, (5) SMAN 1 Manado, Sulawesi Utara, dan (6) SMAK Giovanni Kupang, NTT. Berdasarkan hasil penelitian sanggup disimpulkan bahwa: (1)
Oleh:
Siskandar
(Tenaga Fungsional Peneliti Balitbang Depdiknas)
Catatan: Makalah ini dipublikasikan di blog ini dengan tujuan untuk meningkatkan fasilitas para pendidik untuk memperolehnya dengan lebih banyak terindeks pada search engine. Makalah ini sepenuhnya bukan milik saya. Bila Anda pemilik makalah ini dan merasa bahwa tidak semestinya makalah ini diterbitkan di http://penelitiantindakankelas.blogspot.com, silakan menghubungi saya di sini, maka dengan bahagia hati saya akan menghapus konten ini. Terimakasih (admin).
Tujuan penelitian ini ialah untuk mendapat citra secara integral ihwal pengembangan multi-kecerdasan melalui kegiatannonintrakurikuler terhadap mutu proses dan hasil belajar. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif.Data dikumpulkan dengan memakai teknik observasi dan wawancara. Data dikumpulkan dari setting penelitian terpilih yaitu 6 SMA: (1) SMAN 3
Semarang, Jawa Tengah, (2) SMAN 1 Malang, Jawa Timur, (3) SMAN 4 Denpasar, Bali, (4) SMAN 2 Banjarmasin, Kalimantan Selatan, (5) SMAN 1 Manado, Sulawesi Utara, dan (6) SMAK Giovanni Kupang, NTT. Berdasarkan hasil penelitian sanggup disimpulkan bahwa: (1)
ADSENSE Link Ads 200 x 90
banyak sekali acara yang relevan dengan pengembangan multi-kecerdasan bermanfaat dalam pengembangan kompetensi, (2) Keragaman kegiatan
non-intrakurikuler berdampak terhadap prestasi berguru jikalau suatu acara relevan dengan mata pelajaran tertentu.
Kata kunci: Multiple Intelligences, Kegiatan Nonintrakurikuler
A. Pendahuluan
Globalisasi isu dan komunikasi mempunyai potensi dalam peningkatan sumber daya insan namun sangat kuat terhadap lunturnya jati diri bangsa yang berbudaya. Pengaruh globalisasi tersebut dirasakan masyarakat ibarat kehilangan kultur yang dimiliki dan dipertahankannya selama bertahun-tahun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kultur sebagai jati diri bangsa yang mandiri, ramah, suka bekerja keras, dan tolong-menolong, bergotong-royong, dan bermusyawarah untuk mufakat nyaris lenyap dari kehidupan sehari-hari. Hal ini tampak seiring dengan tumbuhnya rasa individualistis, gaya hidup konsumtif dan materialis di masyarakat. Masyarakat di tempat terpencil yang sudah biasa menuntaskan problem dengan memakai cara-cara yang sederhana dengan tidak menghilangkan kultur............baca selengkapnya laporan penelitian deskriptif kualitatif yang berjudul PENGEMBANGAN MULTIPLE INTELLIGENCES MELALUI KEGIATAN NON-INTRAKURIKULER DALAM RANGKA MENINGKATKAN MUTU PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN ini pribadi dari sumber aslinya di sini, dengan terlebih dahulu register di sini.
ADSENSE 336 x 280
dan
ADSENSE Link Ads 200 x 90
non-intrakurikuler berdampak terhadap prestasi berguru jikalau suatu acara relevan dengan mata pelajaran tertentu.
Kata kunci: Multiple Intelligences, Kegiatan Nonintrakurikuler
A. Pendahuluan
Globalisasi isu dan komunikasi mempunyai potensi dalam peningkatan sumber daya insan namun sangat kuat terhadap lunturnya jati diri bangsa yang berbudaya. Pengaruh globalisasi tersebut dirasakan masyarakat ibarat kehilangan kultur yang dimiliki dan dipertahankannya selama bertahun-tahun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kultur sebagai jati diri bangsa yang mandiri, ramah, suka bekerja keras, dan tolong-menolong, bergotong-royong, dan bermusyawarah untuk mufakat nyaris lenyap dari kehidupan sehari-hari. Hal ini tampak seiring dengan tumbuhnya rasa individualistis, gaya hidup konsumtif dan materialis di masyarakat. Masyarakat di tempat terpencil yang sudah biasa menuntaskan problem dengan memakai cara-cara yang sederhana dengan tidak menghilangkan kultur............baca selengkapnya laporan penelitian deskriptif kualitatif yang berjudul PENGEMBANGAN MULTIPLE INTELLIGENCES MELALUI KEGIATAN NON-INTRAKURIKULER DALAM RANGKA MENINGKATKAN MUTU PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN ini pribadi dari sumber aslinya di sini, dengan terlebih dahulu register di sini.
0 Response to "Laporan Penelitian Deskriptif Kualilatif: Pengembangan Multiple Intelleigences"
Posting Komentar