Contoh Lembar Observasi Pengelolaan Pembelajaran Menurut Duduk Masalah (Pbi)

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
lembar observasi pengelolaan pembelajaran menurut problem  Contoh Lembar Observasi Pengelolaan Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBI)
Bagaimana mengamati pengelolaan model pembelajaran menurut problem (PBI - Problem Based Instruction)?

Contoh Lembar Observasi Pengelolaan Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBI) 

Contoh lembar observasi atau lembar pengamatan pengelolaan model pembelajaran menurut masalah (PBI – Problem Based Instruction) ini dibentuk berdasarkan sintaks (tingkah laris mengajar/langkah-langkah), lingkungan belajar, dan sistem pengelolaan model pembelajaran tersebut. Semua item dibentuk pada lembar observasi/ lembar pengamatan pengelolaan model pembelajaran menurut masalah (PBI – Problem Based Instruction) ini ialah menurut kajian teoritis perihal model tersebut.

Format yang diberikan di sini hanyalah contoh, anda sanggup memodifikasi sesuai kebutuhan anda untuk penelitian tindakan kelas (ptk) atau aktivitas lesson study yang mungkin sedang anda/ kelompok kerja anda lakukan. Semoga bermanfaat.

Contoh: 

LEMBAR OBSERVASI 

PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH 

(PROBLEM BASED INSTRUCTION – PBI) 


Petunjuk: 
  • Pengamat mengambil daerah strategis di dalam kelas sehingga sanggup mengamati pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan baik tanpa mengganggu proses belajar-mengajar yang sedang berlangsung. 
  • Pengamat menawarkan skor pada setiap item pengelolaan yang tersedia pada tabel pengamatan. 
  • Bila pengamat menemukan hal-hal penting lain terkait pengelolaan pembelajaran dengan model pembelajaran menurut problem ini, tetapi tidak terakomodasi pada tabel, sanggup menuliskannya pada daerah yang tersedia di bawah tabel.
No Fase Tingkah Laku
Guru
Tidak Dilaksana
kan
Dilaksana
kan
Skor
1. Orientasi siswa kepada
masalah
Guru menjelaskan tujuan
pembelajaran
. . .
. . Guru menjelaskan logistik/alat
/bahan yang dibutuhkan
. . .
. . Guru memotivasi siswa agar
terlibat nanti dalam kegiatan
pemecahan problem yang dipilih
. . .
2. Mengorganisasikan siswa
untuk belajar
Guru membantu siswa
mendefinisikan kiprah mencar ilmu yang berafiliasi dengan masalah
. . .
. . Guru membantu siswa
mengorganisasikan kiprah belajar
yang berafiliasi dengan masalah
. . .
3. Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi
yang relevan
. . .
. . Guru membimbing siswa
melaksanakan eksperimen untuk mendapat pemecahan/
klarifikasi atas masalah
. . .
4. Mengembangkan dan
menyajikan hasil karya
Guru membantu siswa dalam merencanakan dan menyiapkan
hasil karya menyerupai laporan,
poster, video, atau model
. . .
. . Guru membantu siswa
menyebarkan tugas
. . .
5. Menganalisis dan
mengevaluasi proses
pemecahan masalah
Guru membantu siswa untuk
melaksanakan refleksi terhadap
penyelidikan mereka
. . .
. . Guru membantu siswa
melaksanakan refleksi proses-
proses yang telah mereka
lakukan dalam memecahkan problem
. . .
Catatan Lain perihal pengelolaan pembelajaran: 
................................................................................................................................
................................................................................................................................ 

................................................................................................................................
................................................................................................................................ 
................................................................................................................................
................................................................................................................................ 

Skor 1 = sangat kurang
Skor 2 =  kurang
Skor 3 = cukup
Skor 4 = baik
Skor 5 = sangat baik

                                                     Banjarmasin, ........ Desember 2012
                                                     Pengamat,


                                                     ................................................
                                                     NIP

===
Demikian Contoh Lembar Observasi Pengelolaan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBI - Problem Based Instruction) dari blog penelitian tindakan kelas (ptk) dan model pembelajaran. Semoga bermanfaat.



ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Contoh Lembar Observasi Pengelolaan Pembelajaran Menurut Duduk Masalah (Pbi)"

Posting Komentar