ADSENSE 336 x 280
Berikut ialah pembahasan wacana komponen evaluasi hasil berguru berdasarkan Kurikulum 2013 dari blog penelitian tindakan kelas. Perlu kita ketahui bahwa dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 perlu diperhatikan prinsip-prinsip, pendekatan-pendekatan, dan karakteristik-karakteristik evaluasi yang diamanahkan oleh Kurikulum 2013.Prinsip Penilaian Menurut Kurikulum 2013
Adapun prinsip-prinsip yang harus diperhatikan oleh guru pada ketika melakukan evaluasi untuk implementasi Kurikulum 2013 baik pada jenjang pendidikan dasar (SD/MI) maupun pada jenjang pendidikan menengah (SMP/MTs, SMA/MA dan SMK/MAK) adalah:Sahih
Objektif
Adil
Terpadu
Terbuka
Menyeluruh dan berkesinambungan
Sistematis
Beracuan kriteria
Akuntabel
Edukatif
Pendekatan Penilaian Menurut Kurikulum 2013
Menurut Kurikulum 2013, evaluasi yang dilakukan harus memakai pendekatan-pendekatan berikut:Acuan Patokan
Ketuntasan Belajar
ADSENSE Link Ads 200 x 90
src="https://lh3.googleusercontent.com/blogger_img_proxy/AEn0k_t_UV8Bg0A4JXthxDNUJ58zrFmThcwy0zBuEVSAEHhtDh6bgGGk9uLUGQpASn3eHovr0F6wL5TaAap8gnTd-aFdhaIRRDi5-Okco9Wxu3uwrYgt=s0-d" style="margin-left: auto; margin-right: auto;" title="Komponen Penilaian Hasil Belajar Menurut Kurikulum 2013"> Ketuntasan berguru dan konversi nilai berdasarkan Kurikulum 2013
Adapun implikasi dari adanya persyaratan ketuntasan berguru tersebut ialah sebagai berikut.
Teknik evaluasi yang dipilih sanggup berupa tertulis, lisan, produk, portofolio, unjuk kerja, projek, pengamatan, dan evaluasi diri.
Baca juga:
ADSENSE 336 x 280
dan
ADSENSE Link Ads 200 x 90
- Untuk KD pada KI-3 dan KI-4, siswa sanggup dikatakan belum tuntas berguru untuk menguasai KD yang dipelajarinya bila menunjukkan indikator nilai < 2.66 dari hasil tes formatif.
- Untuk KD pada KI-3 dan KI-4, siswa dinyatakan sudah tuntas berguru untuk menguasai KD yang dipelajarinya apabila menunjukkan indikator nilai ≥ 2.66 dari hasil tes formatif.
- Untuk KD pada KI-1 dan KI-2, ketuntasan siswa dilakukan dengan memperhatikan aspek perilaku pada KI-1 dan KI-2 untuk seluruh matapelajaran, yakni kalau profil perilaku siswa secara umum berada pada kategori baik (B) berdasarkan standar yang ditetapkan satuan pendidikan yang bersangkutan.
Adapun implikasi dari adanya persyaratan ketuntasan berguru tersebut ialah sebagai berikut.
- Untuk KD pada KI-3 dan KI-4: diberikan remedial individual sesuai dengan kebutuhan kepada akseptor didik yang memperoleh nilai kurang dari 2.66;
- Untuk KD pada KI-3 dan KI-4: diberikan kesempatan untuk melanjutkan pelajarannya ke KD berikutnya kepada akseptor didik yang memperoleh nilai 2.66 atau lebih dari 2.66; dan
- Untuk KD pada KI-3 dan KI-4: diadakan remedial klasikal sesuai dengan kebutuhan apabila lebih dari 75% akseptor didik memperoleh nilai kurang dari 2.66.
- Untuk KD pada KI-1 dan KI-2, pelatihan terhadap akseptor didik yang secara umum profil sikapnya belum berkategori baik dilakukan secara holistik (paling tidak oleh guru matapelajaran, guru BK, dan orang tua).
Karakteristik Penilaian Menurut Kurikulum 2013
Belajar Tuntas
Otentik
Berkesinambungan
Berdasarkan pola kriteria
Menggunakan teknik evaluasi yang bervariasi
Teknik evaluasi yang dipilih sanggup berupa tertulis, lisan, produk, portofolio, unjuk kerja, projek, pengamatan, dan evaluasi diri.
Baca juga:
0 Response to "Komponen Evaluasi Hasil Mencar Ilmu Berdasarkan Kurikulum 2013"
Posting Komentar