Mengenal Jenis-Jenis Materi Bakar Pesawat Terbang Di Dunia

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
 teknologi yang disebut sebagai teknologi dirgantara ini MENGENAL JENIS-JENIS BAHAN BAKAR PESAWAT TERBANG DI DUNIA
Bakar Pesawat Terbang-Gambar; Wikipedia
Visiuniversal----Dalam dunia penerbangan, teknologi yang disebut sebagai teknologi dirgantara ini, mempunyai kebutuhan materi bakar bagi operasionalnya. Untuk mereka yang gres mengenal perihal pesawat terbang, niscaya bertanya-tanya apa sich materi bakar pesawat terbang? Ya, moda transportasi yang satu ini memang berbeda dengan moda transportasi umum lain. Bahan bakar merupakan salah satu komponen penting dalam menggerakkan sebuah alat transportasi. Tanpa materi bakar, pesawat tidak sanggup digunakan. Bahkan sudah banyak masalah perihal kecelakaan pesawat jawaban kekurangan materi bakar ketika sedang melaksanakan penerbangan. Ini merupakan bukti bahwa materi bakar pesawat memegang tugas penting dalam sebuah pesawat. Lalu, apa sih materi bakar pesawat terbang? Kali ini admin visiuniversal akan mencoba mengulas perihal materi bakar yang dipakai oleh pesawat terbang.


Jenis-jenis Bahan Bakar Pesawat Terbang

Setiap kendaraan atau alat transportasi membutuhkan materi bakar semoga sanggup bergerak dan menjalankan fungsinya. Tak terkeculai dengan pesawat terbang. Pada dasarnya, materi bakar menyerupai sebuah masakan untuk manusia. Bahan bakar untuk pesawat terbang tersedia dalam dua jenis, yakni Avtur dan Avgas, dan perkembangan selanjutnya kita mengenal Bahan Bakar Biofuel.  Apa saja perbedaan dan keunggulan dari masing-masing jenis materi bakar tersebut? Mari kita lihat dalam uraian berikut ini;


Avtur

Beberapa pesawat terbang komersial memakai avtur sebagai materi bakar utama. Avtur merupakan akronim dari Aviation Turbine Fuel. Dalam dunia penerbangan internasional, materi bakar ini juga disebut dengan Jet A-1 alasannya yaitu banyak sekali pesawat terbang jenis jet yang memakai materi bakar ini. Bahan dasar untuk menciptakan Avtur yaitu minyak tanah. Jika Anda pernah memasak dengan memakai kompor minyak, maka minyak tanah yang dipakai itulah yang menjadi materi dasar dalam pembuatan materi bakar pesawat terbang jenis Avtur.

Bahan bakar penerbangan atau avtur yaitu materi bakar jenis khusus berbasis dari minyak bumi dipakai untuk daya pesawat. Pada umumnya kualitasnya lebih tinggi dari materi bakar yang dipakai dalam aplikasi yang lain, mirip mesin pemanasan atau mesin angkutan jalan, dan sering mengandung aditif untuk mengurangi risiko icing atau ledakan jawaban suhu tinggi, antara sifat-sifat lainnya.

Sebagian besar materi bakar penerbangan yang tersedia untuk pesawat terbang jenis minyak bumi yang dipakai dalam mesin dengan busi (yaitu mesin piston dan rotary Wankel), atau materi bakar untuk mesin turbin jet, yang juga dipakai dalam mesin pesawat diesel. (sumber: https://id.wikipedia.org/)


Avgas

Jika Anda berpikir bahwa Avgas merupakan materi bakar dari gas, maka Anda salah! Avgas merupakan akronim dari Aviation Gasoline, yakni homogen bensin yang diolah secara khusus guna keperluan penerbangan (aviation). Umumnya, pesawat terbang yang mempunyai ruang pembakaran dalam (internal) yang memakai materi bakar jenis Avgas. Itu artinya, hanya pesawat terbang yang memakai mesin Piston Engine yang sanggup memakai materi bakar jenis ini. Berbeda dengan gasoline (bensin) yang dipakai untuk kendaraan bermotor, bensin yang diolah menjadi Avgas mempunyai nilai oktan yang lebih tinggi sehingga menciptakan mesin lebih bersih. Sifat dari materi bakar ini gampang terbakar, bahkan di suhu normal. Avgas juga cepat sekali menguap. Maka hanya pesawat yang mempunyai ruang pembakaran dalam saja yang sanggup memakai materi bakar ini.


 teknologi yang disebut sebagai teknologi dirgantara ini MENGENAL JENIS-JENIS BAHAN BAKAR PESAWAT TERBANG DI DUNIA
Gambar: beritadaerah.co.id



Biofuel

Pesawat dengan Bahan Bakar Biofuel. Pada perkembangan teknologi yang semakin cepat, khususnya dibidang dirgantara, sekarang beberapa peneliti sedang menyebarkan materi bakar pesawat terbang biofuel yang dianggap sanggup menjadi alternatif terbaik di masa depan. Seperti kita ketahui bahwa persediaan minyak bumi semakin menipis dan menciptakan biaya produksi menjadi lebih mahal. Dengan memakai materi bakar jenis lain, dibutuhkan di masa depan semua pesawat memakai materi bakar yang ramah lingkungan dan tidak merusak alam. Seperti apa materi bakar biofuel terbaru?

Penelitian ini dilakukan oleh ilmuwan Amerika yang berbasis di Washington DC. Biofuel yang dipakai merupakan materi bakar yang berasal dari limbah kayu. Meski tidak memakai materi bakar biofuel secara menyeluruh, namun perpaduan 20% biofuel limbah kayu dengan Avtur telah berhasil menerbangkan sebuah Jet dari bandara Seattle Tacoma ke bandara Reagan yang terletak di DC. Ini merupakan satu-satunya pesawat di dunia yang berhasil terbang memakai materi bakar biofuel. Meski masih dalam tahap pengembangan, namun para peneliti yakin bahwa suatu ketika nanti produk mereka akan mengganti materi bakar pesawat terbang berbahan dasar minyak bumi. Apalagi, biofuel dianggap lebih murah dan tidak mempunyai imbas jelek bagi lingkungan.

Demikianlah sahabat visiuniversal, perihal jenis-jenis materi bakar pesawat terbang yang ada di dunia ini, semoga bermanfaat. silakan dishare ya, jikalau ada teman-teman dan sahabat kalian yang membutuhkan materi berguru tentang bahan bakar pesawat terbang. terimakasih.


Sumber: Dirangkum dari banyak sekali sumber !!

Referensi:
https://tandapagar.com/bahan-bakar-pesawat/
https://id.wikipedia.org/wiki/Bahan_bakar_penerbangan
www.aripsusanto.com/p/bahan-bakarpesawat-terbang-secara.html


Sumber https://visiuniversal.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Mengenal Jenis-Jenis Materi Bakar Pesawat Terbang Di Dunia"

Posting Komentar