ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Istilah perkembangan dalam psikologi pendidikan mengacu pada beberapa perubahan yang terjadi pada manusia. Perubahan yang dimaksud di sini bukan perubahan dalam segala hal, tetapi lebih mengacu pada kenampakan secara urut dan bersifat tetap bertahan hingga periode waktu tertentu.
Perkembangan insan sanggup dibagi ke dalam sejumlah aspek meliputi: perkembangan fisik, perkembangan personal, perkembangan sosial, dan perkembangan kognitif. Perkembangan fisik berkaitan dengan perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuh. Perkembangan personal berkaitan dengan perubahan kepribadian. Perkembangan sosial berkaitan dengan bagaimana cara seseorang bekerjasama dengan orang lain. Dan perkembangan kognitif mengacu pada perubahan dalam berpikir.
Beberapa prinsip umum perihal perkembangan manusia berdasarkan psikologi pendidikan yakni sebagai berikut:
Berhubungan:Perkembangan insan sanggup dibagi ke dalam sejumlah aspek meliputi: perkembangan fisik, perkembangan personal, perkembangan sosial, dan perkembangan kognitif. Perkembangan fisik berkaitan dengan perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuh. Perkembangan personal berkaitan dengan perubahan kepribadian. Perkembangan sosial berkaitan dengan bagaimana cara seseorang bekerjasama dengan orang lain. Dan perkembangan kognitif mengacu pada perubahan dalam berpikir.
Beberapa prinsip umum perihal perkembangan manusia berdasarkan psikologi pendidikan yakni sebagai berikut:
- Setiap orang mempunyai laju perkembangan yang berbeda-beda. Pada setiap ruang kelas, kita akan dengan gampang melihatbahwa setiap penerima didik mempunyai tingkat perkembangan yang tidak sama. Beberapa siswa mungkin terlihat bertubuh besar, sementara yang lainnya bertubuh lebih kecil. Beberapa siswa mungkin sanggup terkoordinasi dengan baik sementara yang lain belum. Dan, beberapa orang siswa mungkin tampak sanggup berpikir secara cukup umur dibanding siswa lainnya. Perbedaan kecepatan perkebangan pada anak didik yakni hal yang sangat wajar, selama perbedaan itu mengatakan bahwa mereka tidak terlalu jauh terlambat atau terlalu jauh maju dari tingkat perkembangan seharusnya.
- Perkembangan terjadi relatif secara berurutan. Setiap orang umumnya menyebarkan suatu kemampuan terlebih dahulu sebelum ia menyebarkan kemampuan lainnya. Pada masa kanak-kanak, mereka lebih dahulu berguru duduk, gres kemudian berjalan, mengoceh sebelum berbicara, dan melihat segala sesuatu dari sudut pandang mereka sendiri sebelum mereka sanggup melihat dari sudut pandang orang lain. Siswa di sekolah, terlebih dahulu harus berguru penjumlahan sebelum mempelajari aljabar.
- Perkembangan terjadi secara bertahap. Sangat jarang terjadi suatu perubahan atau perkembangan dalam waktu semalaman. Semua perkembangan membutuhkan waktu. Seorang anak yang tidak sanggup memegang pensil dengan baik, atau siswa yang tidak sanggup menjawab pertanyaan bersifat hipotetis akan menyebarkan kemampuannya dalam bidang ini secara sedikit demi sedikit dan butuh waktu.
Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran
Scaffolding: Contoh Implementasi pada Anak Usia Dini
Teori Piaget
Teori Vygotsky
Pengaruh Scaffolding dalam Pendidikan Anak Usia Dini
Pendidikan Anak Usia Dini - Scaffolding
Laporan Penelitian Pengembangan: Pendidikan Anak Usia Dini
Sejarah Teori Konstruktivisme
Teori Pembelajaran Konstruktivis
Manfaat Penggunaan Nilai Portofolio
Meningkatkan Kemampuan Pengamat yang Ada pada Anak Kelas Satu
Membangun Kemampuan Pendengar pada Anak Kelas Satu
Interaksi Sebagai Proses Belajar-Mengajar
Pendidikan Anak Usia Dini - Scaffolding
Laporan Penelitian Pengembangan: Pendidikan Anak Usia Dini
Sejarah Teori Konstruktivisme
Teori Pembelajaran Konstruktivis
Manfaat Penggunaan Nilai Portofolio
Meningkatkan Kemampuan Pengamat yang Ada pada Anak Kelas Satu
Membangun Kemampuan Pendengar pada Anak Kelas Satu
Interaksi Sebagai Proses Belajar-Mengajar
0 Response to "Perkembangan Berdasarkan Psikologi"
Posting Komentar