Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad : Cara Memperkenalkan

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

Cara Memperkenalkan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD

Blog model pembelajaran tipe STAD untuk pertama kalinya kepada siswa di kelas. Yuk disimak. Melaksanakan pembelajaran kooperatif bekerjsama tidaklah terlalu sulit. Walaupun demikian tetap butuh persiapan yang matang, supaya pembelajaran kooperatif yang dilaksanakan oleh guru tidak menjadi pembelajaran tradisional - konvensional walaupun telah bersetting pembelajaran berkelompok.

Langkah-Langkah oleh Guru

Bila pembelajaran kooperatif pertama kali dilaksanakan di dalam kelas, sebaiknya guru terlebih dahulu memperkenalkannya kepada siswa. Salah satu model pembelajaran kooperatif yang relatif sederhana pelaksanaannya yakni model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions) yang telah dikembangkan oleh Slavin (1994). Langkah-langkah yang sanggup dilakukan guru untuk memperkenalkan model pembelajaran kooperatif kepada siswa yakni sebagai berikut:

  1. Bagi siswa ke dalam kelompomyang terdiri dari 4 - 5 orang. Sebagai catatan: 4 anggota lebih baik. Anggota kelompok sanggup ditempatkan 5 orang kalau kelas tersebut tidak sanggup dibagi 4 secara merata. Sebelum membagi mereka, peringkatkan siswa anda menurut kinerja akademik yang telah guru rekam melalui catatan nilai mereka. Kemudian bagi daftar tersebut menjadi 4 bagian. Keempat bab memperlihatkan kelompok siswa dengan kinerja akademik: Tinggi - Sedang - Sedang - Kurang. Selanjutnya, ambil dari setiap bab itu 1 siswa, sehingga setiap kelompok terdiri dari 4 anggota dengan kinerja akademik tinggi, sedang, sedang, dan kurang. Perhatikan pula keseimbangan jenis kelamin, kesukuan, agama, sosial, dan ekonomi setiap kelompok yang dibuat sehingga benar-benar heterogen. Bila siswa berlebih (dari komposisi 4 orang per kelompok, maka beberapa kelompok sanggup diisi dengan 5 orang, dengan catatan, sebaiknya siswa lebih itu harus berasal dari siswa dengan kinerja akademik sedang.
  2. Siapkan lembar kerja atau beberapa kiprah yang akan diberikan pada pembelajaran, di mana selama pembelajaran setiap kelompok bertugas menguasai atau menuntaskan lembar kerja/tugas dan saling bantu untuk menguasai tugas/lembar kerja tersebut.
  3. Saat guru mulai memperkenalkan pembelajaran kooperatif tipe STAD, dalam aktivitas pembelajarannya guru sanggup mulai dengan membacakan tugas-tugas tim. Selanjutnya mintalah setiap tim untuk menyatukan meja, dan beri derma untuk proses transisi ini supaya kelas tidak menjadi ribut. Berilah waktu beberapa menit (misal 10 menit) untuk memberi kesempatan kepada setiap kelompok memberi nama tim mereka. Beri ide bila dibutuhkan.
  4. Berikutnya, bagilah lembar kerja atau kiprah yang telah anda siapkan sebagaimana tersebut di atas (cukup 2 eksemplar untuk setiap tim, JANGAN LEBIH).
  5. Sarankan setiap tim untuk bekerja di kelompoknya secara berpasangan (berdua-berdua atau berdua-bertiga bagi kelompok yang beranggotakan 5 orang). Mereka sanggup diajarkan membuatkan tugas, atau saling mengoreksi, menjelaskan, dan mengkritisi pekerjaan pasangan lain di dalam kelompoknya.
  6. Selalu memberi pengutamaan kepada seluruh kelompok supaya jangan berhenti mempelajari lembar kerja / kiprah sebelum SEMUA anggota kelompok mempunyai pemahaman yang sama terhadap kiprah yang telah diberikan itu. Jelaskan kepada siswa bahwa hasil pekerjaan mereka di lembar kerja atau kiprah tersebut tidak akan dinilai, hanya dijadikan sebagai latihan saja.
  7. Apabila siswa mempunyai pertanyaan, upayakan supaya mereka terlebih dahulu menanyakan pertanyaan itu kepada anggota lain di dalam kelompoknya.
  8. Berkelilinglah di dalam kelas dan pujilah kinerja-kinerja yang baik yang ditampilkan siswa. Beri umpan balik bagaimana cara mereka bekerja sama di dalam kelompok.
  9. Berikanlah tugas/lembar kerja lainnya. Kali ini mereka dihentikan bekerja sama. Berikan waktu yang cukup untuk mengerjakannya secara individual. Ini yakni ketika setiap anggota kelompok bahwa mereka telah berusaha mencar ilmu dengan baik pada ketika kiprah / lembar kerja pertama (yang sebelumnya) diberikan. Saat menuntaskan kiprah individual ini, pisahkanlah meja mereka bila dibutuhkan.
  10. Kumpulkan lembar kerja/tugas. Hitung nilai setiap individu anggota kelompok untuk pengerjaan kiprah tersebut. Nilai didasarkan pada skor peningkatan terhadap skor dasar (nilai ulangan atau kiprah mereka sebelumnya).
  11. Kumpulkan nilai-nilai anggota kelompok sebagai nilai tim mereka. Beri penghargaan kepada kelompok-kelompok yang mempunyai nilai bagus, juga individu yang memperlihatkan sumbangan anggun kepada kelompoknya. Semua ini dimaksudkan sebagai bentuk akuntabilitas  setiap individu anggota tim terhadap kelompoknya masing-masing.

ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad : Cara Memperkenalkan"

Posting Komentar