ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Manfaat Penggunaan Penilaian Portofolio
Muhammad Faiq Dzaki
Berikut ini dirinci beberapa manfaat yang sanggup diperoleh dari penggunaan evaluasi portofolio:
Pertama, portofolio menawarkan kesempatan bagi siswa untuk mengatur pembelajaran mereka sendiri. Dengan demikian siswa dapat: (1) Mendokumenkan usaha‑usaha mereka, prestasi, dan perkembangannya dalam pengetahuan, keterampilan, ekspresi, dan sikap; (2) Menggunakan gaya pembelajaran yang berbeda, modalitas, dan intelegensi; (3) Menilai pembelajaran mereka dan memutuskan item mana yang terbaik yang menyatakan prestasi dan perkembangan meraka; (4) Menyusun tujuan pembelajaran selanjutnya.
Kedua, portofolio sanggup dipakai untuk memilih tingkat prestasi.
Ketiga, portofolio memungkinkan siswa menyajikan suatu pandangan holistic dari prestasi akademik yang tertinggi, keterampilan‑keterampilan dan kompotensi‑kompotensi.
Keempat, portofolio sanggup digunakan. untuk memilih perkembangan siswa. Portofolio memungkinkan siswa untuk menyajikan pekerjaannya lebih dari satu kali untuk memperlihatkan kemajuan mereka dalam mencapai tujuan pembelajarannya.
Kelima, portofolio sanggup dipakai untuk memahami bagaimana siswa berpikir, beralasan, mengorganisasi, menyelidiki, dan komunikasi. Portofolio sanggup menyediakan pemahaman terhadap budi sehat siswa dengan mendokumentasikan kemajuan berpikir siswa dan mendokumentasikan pekerjaan dalam mencapai tujuan pembelajaran mereka.
Portofolio juga sanggup dibentuk menurut tujuan yang ingin diambil, contohnya portofolio atau pun koleksi pekerjaan siswa akan dapat: (1) Memberikan bukti wacana penggunaan keterampilan siswa, penggunaan konsep, dan pemecahan duduk perkara dalam aneka macam situasi; (2) Menunjukkan perkembangan siswa suatu suatu periode; (3) Melibatkan siswa dalam pendekatan "draft dan revisi" untuk mengerjakan pekerjaan dan memodelkan bagaimana pekerjaan sering dikerjakan di luar sekolah; (4) Memungkinkan siswa atau memberi kesempatan bagi siswa dalam menyajikan perjuangan mereka; (5) Memberi tanggung jawab kepada siswa untuk mengatur pembelajaran mereka sendiri; (6) Menyediakan citra kepandaian/prestasi bagi para pendidik, orang tua, dan siswa.
Muhammad Faiq Dzaki
Berikut ini dirinci beberapa manfaat yang sanggup diperoleh dari penggunaan evaluasi portofolio:
Pertama, portofolio menawarkan kesempatan bagi siswa untuk mengatur pembelajaran mereka sendiri. Dengan demikian siswa dapat: (1) Mendokumenkan usaha‑usaha mereka, prestasi, dan perkembangannya dalam pengetahuan, keterampilan, ekspresi, dan sikap; (2) Menggunakan gaya pembelajaran yang berbeda, modalitas, dan intelegensi; (3) Menilai pembelajaran mereka dan memutuskan item mana yang terbaik yang menyatakan prestasi dan perkembangan meraka; (4) Menyusun tujuan pembelajaran selanjutnya.
Kedua, portofolio sanggup dipakai untuk memilih tingkat prestasi.
Ketiga, portofolio memungkinkan siswa menyajikan suatu pandangan holistic dari prestasi akademik yang tertinggi, keterampilan‑keterampilan dan kompotensi‑kompotensi.
Keempat, portofolio sanggup digunakan. untuk memilih perkembangan siswa. Portofolio memungkinkan siswa untuk menyajikan pekerjaannya lebih dari satu kali untuk memperlihatkan kemajuan mereka dalam mencapai tujuan pembelajarannya.
Kelima, portofolio sanggup dipakai untuk memahami bagaimana siswa berpikir, beralasan, mengorganisasi, menyelidiki, dan komunikasi. Portofolio sanggup menyediakan pemahaman terhadap budi sehat siswa dengan mendokumentasikan kemajuan berpikir siswa dan mendokumentasikan pekerjaan dalam mencapai tujuan pembelajaran mereka.
Portofolio juga sanggup dibentuk menurut tujuan yang ingin diambil, contohnya portofolio atau pun koleksi pekerjaan siswa akan dapat: (1) Memberikan bukti wacana penggunaan keterampilan siswa, penggunaan konsep, dan pemecahan duduk perkara dalam aneka macam situasi; (2) Menunjukkan perkembangan siswa suatu suatu periode; (3) Melibatkan siswa dalam pendekatan "draft dan revisi" untuk mengerjakan pekerjaan dan memodelkan bagaimana pekerjaan sering dikerjakan di luar sekolah; (4) Memungkinkan siswa atau memberi kesempatan bagi siswa dalam menyajikan perjuangan mereka; (5) Memberi tanggung jawab kepada siswa untuk mengatur pembelajaran mereka sendiri; (6) Menyediakan citra kepandaian/prestasi bagi para pendidik, orang tua, dan siswa.
0 Response to "Manfaat Penggunaan Evaluasi Portofolio"
Posting Komentar