ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Keuntungan Pengajaran dengan Portofolio
Muhammad Faiq Dzaki
Pengajaran yang berfokus pada portofolio menawarkan banyak keuntungan. Keuntungan memakai portofolio antara lain ialah sebagai berikut: (1) Siswa sanggup menggambarkan pembelajaran mereka sendiri dan cara‑cara memperbaikinya; (2) Siswa sanggup terlibat bekerja pada tingkat kompleksitas yang berbeda atau mendukung bekerja komplit di dalam maupun di luar kelas; (3) Memberi lebih banyak gosip ihwal apa dan bagaimana siswa mencar ilmu dibandingkan siswa lainnya; (4) Menjadi media bagi siswa, guru, orang tua, dan penilai eksternal untuk mengkomunikasikan dan memberikan harapan‑harapannya ihwal pembelajaran siswa; (5) Memberikan citra
yang akurat dari aktivitas pembelajaran yang diikuti oleh siswa, Dalam hal ini membantu guru dan penilai eksternal menciptakan keputusan kritis ihwal efektivitas program; (6) Dapat dipakai untuk mendokumentasikan prestasi siswa. Ini berarti penilaian yang diberikan akan lebih akurat; (7) Mendemonstrasikan kemampuan siswa menerapkan pengetahuan pemecahan masalah, kemampuan memakai bahasa ilmiah, mengkomunikasikan ide, kemampuan memberi alasan atau pun menganalisis; (8) Dapat meningkatkan kemampuan penilaian diri siswa; (9) Berguna bagi guru dalam mengidentifikasi letak kelemahan dan kelebihan siswa atau memberi nilai diagnostik yang berarti bagi guru; (10) Umpan balik yang diberikan siswa akan membangun pemahaman siswa; (11) Guru sanggup mendeteksi variabel afektif siswa, atau memantau status afektif siswa, antara lain kejujuran, percaya diri, ketekunan, perilaku konkret terhadap IPA dan lain‑lain.
Muhammad Faiq Dzaki
Pengajaran yang berfokus pada portofolio menawarkan banyak keuntungan. Keuntungan memakai portofolio antara lain ialah sebagai berikut: (1) Siswa sanggup menggambarkan pembelajaran mereka sendiri dan cara‑cara memperbaikinya; (2) Siswa sanggup terlibat bekerja pada tingkat kompleksitas yang berbeda atau mendukung bekerja komplit di dalam maupun di luar kelas; (3) Memberi lebih banyak gosip ihwal apa dan bagaimana siswa mencar ilmu dibandingkan siswa lainnya; (4) Menjadi media bagi siswa, guru, orang tua, dan penilai eksternal untuk mengkomunikasikan dan memberikan harapan‑harapannya ihwal pembelajaran siswa; (5) Memberikan citra
yang akurat dari aktivitas pembelajaran yang diikuti oleh siswa, Dalam hal ini membantu guru dan penilai eksternal menciptakan keputusan kritis ihwal efektivitas program; (6) Dapat dipakai untuk mendokumentasikan prestasi siswa. Ini berarti penilaian yang diberikan akan lebih akurat; (7) Mendemonstrasikan kemampuan siswa menerapkan pengetahuan pemecahan masalah, kemampuan memakai bahasa ilmiah, mengkomunikasikan ide, kemampuan memberi alasan atau pun menganalisis; (8) Dapat meningkatkan kemampuan penilaian diri siswa; (9) Berguna bagi guru dalam mengidentifikasi letak kelemahan dan kelebihan siswa atau memberi nilai diagnostik yang berarti bagi guru; (10) Umpan balik yang diberikan siswa akan membangun pemahaman siswa; (11) Guru sanggup mendeteksi variabel afektif siswa, atau memantau status afektif siswa, antara lain kejujuran, percaya diri, ketekunan, perilaku konkret terhadap IPA dan lain‑lain.
0 Response to "Keuntungan Pengajaran Dengan Portofolio"
Posting Komentar