Laporan Penelitian Kualitatif: Mata Pelajaran Akuntasi

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

Catatan: Makalah ini dipublikasikan di blog ini dengan tujuan untuk meningkatkan akomodasi para pendidik untuk memperolehnya dengan lebih banyak terindeks pada search engine. Makalah ini sepenuhnya bukan milik saya. Bila Anda pemilik makalah ini dan merasa bahwa tidak semestinya makalah ini diterbitkan di http://penelitiantindakankelas.blogspot.com, silakan menghubungi saya di sini, maka dengan bahagia hati saya akan menghapus konten ini. Terimakasih (admin).

PROFIL PERILAKU KOPING DALAM MENGHADAPI MATA PELAJARAN AKUNTANSI PADA SISWA Sekolah Menengah kejuruan BATIK I SURAKARTA

Sutrisno, Budi and Eprilia, Ummi Hany (2008) PROFIL PERILAKU KOPING DALAM MENGHADAPI MATA PELAJARAN AKUNTANSI PADA SISWA Sekolah Menengah kejuruan BATIK I SURAKARTA. VARIA PENDIDIKAN, 20 (1). pp. 40-49. ISSN 0852-0976
Sebagian isi makalah/jurnal:
Metode
Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif, dengan seting observasi dan wawancara secara mendalam kepada 9 orang siswa kelas 1, dari beberapa siswa yang melaksanakan koping dalam menghadapi mata pelajaran akuntansi. Penunjukan 9 orang tersebut didasarkan pada pengamatan awal, dan gosip guru mata pelajaran. Wawancara kepada guru akuntansi kelas 1, difokuskan pada aspek bahan dan rujukan pembelajaran yang diterapkan hingga dengan model asesmen dan evaluasinya, termasuk hambatan yang sering muncul dalalm pelaksanaannya. Di samping itu obervasi dan dokumentasi, dilakukan untuk pengumpulan data sekunder yang menyangkut profil sekolah.
Analisis data mengunakan model “the constant comparative methode” (Usman & Akbar, 2001 : 32), dengan mengidentifikasi suatu fokus acara siswa di sekolah yang menyangkut sikap koping dalam menghadapi mata pelajaran akuntansi, menyerupai “bagaimana problem itu terjadi, dalam kondisi dan lokasi yang bagaimana, wacana apa, dan kepada siapa, mengapa itu terjadi, serta bagaimana menghadapi kondisi problem itu” dengan tidak mengabaikan proses trianggulasi sumber.
Pemilihan pendekatan kualitatif menurut pada pertimbangan bahwa tanda-tanda dalam penelitian ini merupakan serangkaian proses penerapan taktik koping oleh siswa dalam menghadapi mata pelajaran akuntansi. Pada pendekatan ini, kehadiran peneliti dilaksanakan secara masuk akal sebagaimana adanya, dan data yang dikumpulkan bersifat kualitatif (Usman & Akbar, 2001 : 81); Muhajir (2002:75). ..........baca selengkapnya eksklusif dari sumber aslinya.



ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Laporan Penelitian Kualitatif: Mata Pelajaran Akuntasi"

Posting Komentar