Perspektif Pembelajaran Berdasarkan Teori Behaviorik, Kognitif, Gestalt, Dan Humanistik

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Perspektif Pembelajaran Menurut Teori Behaviorik, Kognitif, Gestalt, dan Humanistik

Pembelajaran yakni suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru sedemikian rupa,sehingga tingkah laris berubah kearah yang lebih baik. Pembelajaran secara khusus berdasarkan perspektif beberapa teori pembelajaran sanggup diuraikan sebagai berikut:


a. Teori Behaviorik (Teori Tingkah Laku)
Teori Belajar Tingkah Laku (Behaviorik) menekankan bahwa pembelajaran yakni perjuangan guru membentuk tingkah laris yang diinginkan dengan menyediakan lingkungan (stimulus). Agar terjadi korelasi stimulus dan respon (tingkah laris yang diinginkan) perlu latihan.

b. Teori Kognitif
Pembelajaran berdasarkan Teori Belajar Kognitif yakni cara guru memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk berfikir biar sanggup mengenal dan memahami apa yang sedang dipelajari. Ini sesuai dengan pengertian berguru berdasarkan aliran kognitif yang menekankan pada kemampuan mengenal pada individu yang belajar.

c. Teori Gestalt
Menurut teori pembelajaran ini pengertian pembelajaran yakni perjuangan guru memperlihatkan materi pembelajaran sedimikian rupa, sehingga siswa lebih gampang mengorganisasikannya menjadi suatu yang
bermakna. Bantuan guru diharapkan untuk mengaktualkan potensi mengorganisis yang terdapat pada diri siswa.

d. Teori Humanistik
Menurut Teori Belajar Humanistik, pembelajaran akan membawa perubahan kalau orang yang berguru bebas menentukan materi pelajaran dan cara yang digunakan untuk dipelajarinya. Pembelajaran yakni memperlihatkan kebebasan kebebasan pada siswa untuk menentukan materi pelajaran dan cara mempelajarinya
sesuai dengan minat dan kemampuan.

Munculnya banyak sekali pengertian mengenai pembelajaran sebagaimana terungkap di atas, yakni suatu membuktikan bahwa kegiatan pembelajaran itu memang suatu yang sangat kompleks. Pembelajaran itu sendiri bahwasanya memiliki tujuan untuk membantu siswa biar memperoleh banyak sekali pengalaman dan dengan pengalaman itu tingkah laris siswa bertambah, baik kuantitas maupun kualitas.

Beberapa karakteristik pembelajaran yang sanggup diungkapkan dengan melihat pengertian pembelajaran dari banyak sekali perspektif teori pembelajaran di atas yaitu sebagai berikut:
1. Pembelajaran dilakukan secara sadar dan direncanakan secara sistematis.
2. Pembelajaran merupakan pemberian santunan yang memungkinkan siswa sanggup atau terfasilitasi untuk belajar
3. Pembelajaran lebih menekankan pada pengaktifan siswa baik secara hands on (aktivitas fisik) maupun minds on (aktivitas mental/pikiran).

Makara sanggup disimpulkan bahwa suatu keberhasilan dari proses pembelajaran akan sanggup dicapai apabila keaktifan siswa diutamakan atau lebih ditingkatkan dan dominasi guru perlu dikurangi dimana sebelumnya pembelajaran yang akan dilaksanakan tersebutpun harus dirancang dengan teliti.

==

pengertian pembelajaran, teori pembelajaran, Teori Tingkah Laku, Teori Belajar Kognitif, Teori Humanistik, karakteristik pembelajaran, Teori Gestalt

Mungkin Anda ingin membaca ini:
Macam-Macam Strategi Belajar
Teori Piaget
Teori Vygotsky
Teori Ausubel wacana Belajar Bermakna (Meaningful Learning)
Prinsip-Prinsip Penilaian
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Perspektif Pembelajaran Berdasarkan Teori Behaviorik, Kognitif, Gestalt, Dan Humanistik"

Posting Komentar