Pengajaran Timbal Balik (Reciprocal Teaching)

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Selain menggunakan strategi questioning the author (mempertanyakan penulis), pelajaran untuk mengajar membaca sanggup pula dilakukan dengan pengajaran timbal balik (reciprocal teaching). Pendekatan pengajaran timbal balik sanggup dipakai kepada siswa yang memiliki pemahaman rendah dalam membaca, baik pada sekolah dasar maupun pada sekolah lanjutan. Pada pengajaran timbal balik guru bekerja sama dengan kelompok-kelompok kecil siswa.

Pada pengajaran ini, guru mula-mula memperlihatkan pola pertanyaan yang sanggup diajukan oleh siswa ketika mereka membaca, selanjutnya siswa ditunjuk sebagai "guru" untuk merumuskan pertanyaan satu sama lain. Dalam mengajarkan pengajaran timbal balik, guru sanggup mulai dengan kata-kata contohnya sebagai berikut: "untuk minggu-minggu yang akan datang, kita akan bekerja sama untuk meningkatkan kemampuan kalian memahami apa yang sedang dibaca. Kadang-kadang kita begitu sibuk  memikirkan apa kata tersebut sehingga kita tidak berhasil memperhatikan apa arti kata dan kalimat yang kita baca tersebut. Kita akan mempelajari cara biar perhatian kita lebih banyak pada pemahaman. Saya akan mengajarkan hal-hal berikut ketika kalian membaca":
  1. memikirkan pertanyaan-pertanyaan penting yang mungkin diajukan perihal apa yang sedang dibaca dan memastikan bahwa kalian sanggup menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.
  2. meringkaskan informasi terpenting yang telah kalian baca.
  3. memperkirakan apa yang mungkin dibahas berikutnya dalam bacaan tersebut.
  4. menunjukkan kapan sesuatu tidak terang dalam bacaan, atau apa yang tidak dipahami, dan kemudian melihat apakah kita sanggup memahaminya.

Kegiatan membaca melalui pendekatan konstruktivis dengan pengajaran terbalik (reciprocal teaching) akan membantu siswa memusatkan perhatian pada apa yang sedang dibaca dan memastikan bahwa siswa memahaminya.

Cara siswa mempelajari ke-4 acara di atas yakni dengan bergiliran tugas sebagai guru. Guru mula-mula mencontohkan cara membaca dengan seksama, dengan memberitahukan kepada siswa pertanyaan-pertanyaan yang dirumuskannya sambil membaca, kemudian meringkaskan informasi terpenting yang telah ia baca, dan selanjutnya memperkirakan apa yang mungkin akan dibahas pada bacaan selanjutnya. Guru juga harus memberitahukan apabila ada sesuatu yang membingungkannya ketika sedang membaca, dan bagaimana cara memahaminya.

Prosedur Harian dalam melakukan Pengajaran Timbal Balik (Reciprocal Teaching) baca di sini.

ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Pengajaran Timbal Balik (Reciprocal Teaching)"

Posting Komentar