Pemilihan Metode Mengajar Dan Prestasi Belajar

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Pemilihan Metode Mengajar dan Prestasi Belajar

Muhammad Faiq Dzaki

Metode mengajar yaitu suatu pengetahuan perihal cara mengajar yang dipergunakan oleh guru atau struktur. Metode mengajar juga berarti taktik yang dikuasai oleh guru untuk mengajar dan menyajikan pelajaran kepada siswa di dalam kelas biar pelajaran tersebut sanggup di tanggap dan dipahami, serta di gunakan oleh siswa dengan baik ( Roestiyah, 1989).

Dalam pemilihan metode berguru mengajar beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain adalah: (1) Sifat dari pelajaran, alat alat yang tersedia; (2) besar kecilnya kelas atau tempat; (3) kesanggupan guru; (4) banyak sedikitnya materi dan tujuan pelajaran.

Suatu hal yang perlu dihindari dalam proses berguru mengajar, yaitu situasi yang tidak komunikatif antara guru dan siswa. Kalau siswa tidak sanggup memahami apa yang disampaikan oleh guru maka besar kemungkinan siswa tidak sanggup menguasai materi yang di ajarkan guru (Nasution, 1985)

Prestasi berguru yaitu tingkat penguasaan yang dicapai dan diperoleh oleh siswa yang mengikuti kegiatan belajar-mengajar sesuai tujuan yang detetapkan ( Mujiono, 1995). Tinggi rendahnya hasil berguru yang dicapai oleh siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor intemal yaitu faktor faktor yang berasal dari dalam diri anak, maupun faktor fisiologi dan psikologi. Faktor psikologi diantaranya kekuatan jasmani dan rohani. Faktor ekstemal yaitu faktor yang berasal dari luar diri anak. Faktor eksternal dikelompokkan menjadi tiga yaitu : (1) Faktor keluarga, (2) sekolah dan (3) masyarakat. Faktor keluarga yang meliputi: (1) cara orang renta mendidik, (2) hubungan antara anggota keluarga, (3) suasana rumah tangga dan (4) keadaan ekonomi keluarga. Faktor sekolah yang antara lain yaitu metode berguru menuntaskan kiprah di rumah. Dengan adanya kiprah rumah pengalaman siswa dalam mempelajari sesuatu sanggup lebih terintegrasi, alasannya siswa melakukan latihan latihan selama melakukan tugas. Faktor masyarakat, keadaan lingkungan masyarakat sanggup mewarnai perkembangan dan pertumbuhan anak ( Slameto, 1995)
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Pemilihan Metode Mengajar Dan Prestasi Belajar"

Posting Komentar