ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Motivasi Belajar - Unsur-Unsur Yang Mempengaruhi
Muhammad Faiq Dzaki
Unsur-unsur yang mempengaruhi motivasi berguru adalah:
a. Cita-cita atau aspirasi siswa. Motivasi berguru tampak pada keinginan anak semenjak kecil. Keberhasilan mencapai keinginan tersebut menumbuhkan kemauan bergiat, bahkan dikemudian hari impian dalam kehidupan. Dari segi emansipasi kemandirian, keinginan yang terpuaskan sanggup memperbesar kemauan dan semangat belajar. Dari segi pembelajaran, penguatan dengan hadiah atau juga eksekusi akan sanggup mengubah keinginan menjadi kemauan, dan lalu kemauan menjadi cita-cita.
b. Kemampuan siswa. Keinginan seorang anak perlu dibarengi dengan kemampuan atau kecakapan mencapainya. Kemampuan akan memperkuat motivasi anak untuk melakukan tugas-tugas perkembangan.
c. Kondisi siswa. Kondisi siswa yang mencakup kondisi jasmani dan rohani sangat mempengaruhi motivasi belajar.
d. Kondisi lingkungan siswa Lingkungan siswa berupa keadaan alam, lingkungan daerah tinggal, pergaulan sebaya, kehidupan kemasyarakatan. Dengan kondisi lingkungan tersebut yang aman, tentram, tertib dan indah maka semangat dan motivasi berguru gampang diperkuat.
e. Unsur-unsur dinamis dalam berguru dan pembelajaran. Siswa mempunyai perasaan, perhatian, kemauan, ingatan, pikiran yang mengalami perubahan berkat pengalaman hidup. Pengalaman dengan teman sebayanya kuat pada motivasi dan sikap belajar.
f. Upaya guru dalam membelajarkan siswa. Guru ialah seorang pendidik profesional. Ia bergaul setiap hari dengan puluhan atau ratusan siswa. Sebagai pendidik, guru sanggup memilil dan memilah yang baik. Partisipasi dan pola menentukan sikap yang baik tersebut sudah merupakan upaya membelajarkan dan memotivasi siswa.
Muhammad Faiq Dzaki
Unsur-unsur yang mempengaruhi motivasi berguru adalah:
a. Cita-cita atau aspirasi siswa. Motivasi berguru tampak pada keinginan anak semenjak kecil. Keberhasilan mencapai keinginan tersebut menumbuhkan kemauan bergiat, bahkan dikemudian hari impian dalam kehidupan. Dari segi emansipasi kemandirian, keinginan yang terpuaskan sanggup memperbesar kemauan dan semangat belajar. Dari segi pembelajaran, penguatan dengan hadiah atau juga eksekusi akan sanggup mengubah keinginan menjadi kemauan, dan lalu kemauan menjadi cita-cita.
b. Kemampuan siswa. Keinginan seorang anak perlu dibarengi dengan kemampuan atau kecakapan mencapainya. Kemampuan akan memperkuat motivasi anak untuk melakukan tugas-tugas perkembangan.
c. Kondisi siswa. Kondisi siswa yang mencakup kondisi jasmani dan rohani sangat mempengaruhi motivasi belajar.
d. Kondisi lingkungan siswa Lingkungan siswa berupa keadaan alam, lingkungan daerah tinggal, pergaulan sebaya, kehidupan kemasyarakatan. Dengan kondisi lingkungan tersebut yang aman, tentram, tertib dan indah maka semangat dan motivasi berguru gampang diperkuat.
e. Unsur-unsur dinamis dalam berguru dan pembelajaran. Siswa mempunyai perasaan, perhatian, kemauan, ingatan, pikiran yang mengalami perubahan berkat pengalaman hidup. Pengalaman dengan teman sebayanya kuat pada motivasi dan sikap belajar.
f. Upaya guru dalam membelajarkan siswa. Guru ialah seorang pendidik profesional. Ia bergaul setiap hari dengan puluhan atau ratusan siswa. Sebagai pendidik, guru sanggup memilil dan memilah yang baik. Partisipasi dan pola menentukan sikap yang baik tersebut sudah merupakan upaya membelajarkan dan memotivasi siswa.
0 Response to "Motivasi Berguru - Unsur-Unsur Yang Mempengaruhi"
Posting Komentar