ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Peningkatan Keefektifan Pembelajaran Menulis Di Kelas II Sekolah Dasar
Oleh:
Suyatinah
PGSD FIP Universitas Negeri Yogyakarta
Sumber Jurnal :
Cakrawala Pendidikan, November 2005, Th. XXIV, No. 3 halaman 405 – 220. Diterbitkan oleh: Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia DIY bekerjasama dengan LPM Universitas Negeri YogyakartaSEBAGIAN ISI MAKALAH:
Pendahuluan
Pembelajaran menulis permulaan sangat penting diajarkan di sekolah dasar biar bawah umur sanggup terlibat kegiatan baca tulis. Pembelajaran tersebut merupakan dasar menulis yang sanggup memilih murid SD dalam menulis lanjut pada kelas berikutnya. Tanpa mempunyai kemampuan menulis yang memadai semenjak dini, anak akan mengalami kesulitan berguru pada masa selanjutnya.Berkaitan dengan fungsi keterampilan menulis, Morsy (dalam Tarigan, 1984:4) menyampaikan ”dalam kehidupan modern ini terperinci bahwa keterampilan menulis sangat dibutuhkan. Kiranya tidaklah hiperbola kalau dikatakan bahwa keterampilan menulis merupakan ciri orang yang arif atau bangsa yang terpelajar.
Keterampilan menulis hanya sanggup diperoleh dan dikuasai dengan jalan praktik dan latihan. Menurut Dawson (dalam Tarigan, 1985:1) salah satu bentuk praktek dan latihan untuk memperoleh penguasaan menulis, sebagai salah satu dari empat keterampilan berbahasa dilaku-kan melalui kegiatan pembelajaran.
Pernyataan ini sependapat dari Akadiah (1999:143) bahwa keterampilan menulis bukanlah kemampuan yang diwariskan secara turun-temurun, akan tetapi merupakan hasil proses berguru mengajar dan ketekunan berlatih. Jadi, keterampilan menulis itu mengalami proses pertumbuhan melalui latihan. Untuk memperoleh keterampilan menulis tidak cukup dengan mempelajari tata bahasa dan mempelajari pengetahuan perihal teori menulis, melainkan tumbuh melalui proses pelatihan. Kenyataan di lapangan, menunjuk¬kan bahwa pembelajaran menulis kurang menerima perhatian yang sewajarnya. Pelly & Efendi (dalam Syamsi, 1999:1) menyampaikan bahwa pembelajaran membaca dan menulis yang dulu merupakan pelajaran dan latihan pokok, sekarang kurang menerima perhatian, baik dari para siswa maupun guru. Pembelajaran menulis tidak ditangani sebagaimana mestinya. Hal ini mengakibatkan keterampilan menulis para siswa tidak memadai. Badudu (dalam Syamsi, 1999:2) beropini bahwa rendahnya mutu kemampuan menulis siswa disebabkan oleh kenyataan bahwa pengajaran mengarang dianaktirikan.
Untuk mengoptimalkan hasil belajar, terutama bidang keterampilan menulis, dibutuhkan pendekatan pembelajaran yang lebih menekankan pada kegiatan berguru dan kreativitas para siswa. Adapun upaya untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran menulis dengan memakai pendekatan yang menekankan pentingnya proses berguru bagi subyek didik, ialah pendekatan proses dan media gambar...........baca makalah ini selengkapnya di sini.
0 Response to "Laporan Ptk Sd Perihal Keterampilan Menulis"
Posting Komentar