Laporan Ptk: Pendekatan Active Learning

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

Upaya Meningkatkan Proses Belajar dan Hasil Belajar Fiqih melalui Pendekatan Active Learning pada Siswa Kelas III MINU Pucang Sidoarjo.


Oleh:

Asmaul Khusna
(MI Darul Huda, Gresik)

Sumber Jurnal:

Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama Islam Volume 01, Nomor 01, Juni 2010 Halaman 122 - 132. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama Islam (JPTK-PAI) diterbitkan oleh Laboratorium Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya berhubungan dengan Madrasah Development Center (MDC) Kementerian Agama Wilayah Jawa Timur, dan Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam (AGPAI) Jawa Timur.


Abstrak: 

Keberhasilan proses pembelajaran di kelas sebagian ditentukan oleh taktik pembelajaran. Oleh lantaran itu, setiap akan mengajar guru diharuskan untuk menerapkan taktik atau metode tertentu dalam pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini menurut permasalahan, ”bagaimanakah upaya peningkatan proses mencar ilmu dan hasil mencar ilmu siswa melalui pendekatan active learning pada pelajaran Fiqih kelas III MINU Pucang Sidoarjo?”. Sedangkan tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui upaya peningkatan proses mencar ilmu dan hasil mencar ilmu siswa sesudah diterapkannya taktik pembelajaran dengan pendekatan active learning pada pelajaran Fiqih kelas III MINU Pucang Sidoarjo. Penelitian ini memakai penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran atau siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, acara dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini ialah siswa kelas III. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi acara mencar ilmu mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi mencar ilmu siswa mengalami peningkatan dari siklus I hingga siklus III yaitu, siklus I (32,35%), siklus II (67,64%), siklus III (97,05%). Simpulan dari penelitian ini ialah model pembelajaran active learning sanggup besar lengan berkuasa konkret terhadap motivasi mencar ilmu siswa Kelas III serta model pembelajaran ini sanggup dipakai sebagai salah satu alternatif pembelajaran Fiqih.

Kata kunci: Belajar Fiqih, Active Learning.

Metodologi Penelitian

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research), lantaran penelitian dilakukan untuk memecahkan duduk kasus pembelajaran di kelas. Penelitian ini juga termasuk penelitian deskriptif, lantaran menggambarkan bagaimana suatu teknik pembelajaran diterapkan dan bagaimana hasil yang diinginkan sanggup dicapai. Penelitian ini akan tidak boleh apabila ketuntasan mencar ilmu secara klaksikal telah mencapai 85% atau lebih. Kaprikornus dalam penelitian ini, peneliti tidak tergantung pada jumlah siklus yang harus dilalui.
Tempat penelitian ini bertempat di MINU Pucang tahun pelajaran 2009/2010. Adapun waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret – April semester genap 2009/2010. Sedangkan subjek penelitian ialah siswa-siswi kelas III sebanyak 34 orang.

Rancangan penelitian

Sesuai dengan jenis penelitian yang dipilih yaitu penelitian tindakan kelas, maka peneliti ini memakai model penelitian tindakan dari Kemmis dan Taggart (Sugiarti, 1997: 8) yaitu berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus yang berikutnya. Setiap siklus mencakup planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Langkah pada siklus berikutnya perencanaan yang sudah direvisi, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sebelumnya masuk pada siklus I dilakukan tindakan pendahuluan yang berupa identifikasi permasalahan. Siklus spiral dari tahap-tahap penelitian tindakan kelas sanggup dilihat pada gambar:

Baca makalah ini sebagaimana aslinya di sini.
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Laporan Ptk: Pendekatan Active Learning"

Posting Komentar