ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Catatan: Makalah ini dipublikasikan di blog ini dengan tujuan untuk meningkatkan fasilitas para pendidik untuk memperolehnya dengan lebih banyak terindeks pada search engine. Makalah ini sepenuhnya bukan milik saya. Bila Anda pemilik makalah ini dan merasa bahwa tidak semestinya makalah ini diterbitkan di http://penelitiantindakankelas.blogspot.com, silakan menghubungi saya di sini, maka dengan bahagia hati saya akan menghapus konten ini. Terimakasih (admin).
Sumber:
Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama Islam
Volume 01, Nomor 01, Juni 2010
H a l a m a n 2 5 - 3 6
Penerapan Metode Kooperatif NHT (Numbered Head Together) untuk Meningkatkan Minat Belajar Al-Qur’an Hadits Siswa-Siswi Kelas IV A SD Darul Ulum Bungurasih
Oleh:
Firman Kailani
MI Riyadul Badi'ah, Kediri
Abstrak: Pelajaran Qur’an Hadits yaitu pelajaran agama yang membentuk nilai spiritual agama, sehingga perlu adanya upaya untuk menumbuhkan minat terhadap pelajaran ini. Salah satu cara yaitu dengan jalan penerapan pembelajaran cooperatif learning NHT dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menurut permasalahan, “Apakah melalui metode cooperatif learning NHT sanggup meningkatkan minat, prestasi berguru serta respon terhadap bahan surat Al-Lahab bagi siswa-siswi kelas IV A SD Darul Ulum Bungurasih? ”. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui minat, prestasi belajar, dan respon siswa-siswi terhadap bahan surat Al-Lahab melalui pendekatan cooperatif learning NHT. Penelitian ini memakai penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini yaitu siswa-siswi kelas IV A SD Darul Ulum Bungurasih tahun pelajaran 2009/2010. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi acara berguru mengajar. Dari hasil analisis berguru terdapat peningkatan yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan berguru siswa-siswi dalam setiap siklus, yaitu siklus I (73,68%), siklus II (86,05%.). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu melalui pendekatan metode cooperatif learning NHT sanggup besar lengan berkuasa kasatmata terhadap minat, prestasi berguru serta respon siswa-siswi kelas IV A SD Darul Ulum Bungurasih Sidoarjo tahun pelajaran 2009/2010.
Kata Kunci: Qur’an Hadits, NHT (Numbered Head Together), Minat belajar.
PENDAHULUAN
Jika berbicara problem pendidikan, maka tidak akan lepas dari sosok seorang guru. Kemampuan tiap guru tidak sama, hal ini dikarenakan adanya perbedaan tingkat pendidikan, intelektual dan kondisi sosial masyarakat, sehingga berdampak dikala guru mengajar di dalam kelas baik mengenai metode yang digunakan, alat peraga, penguasaan kelas dan sebagainya. Meskipun demikian, ada prinsip yang harus tetap diperhatikan oleh seorang guru dalam mengajar yaitu membuat situasi proses pembelajaran yang benar-benar sanggup meningkatkan minat anak didik dalam belajar. Hal ini bisa dilakukan dengan cara penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi, media pembelajaran yang menunjang, dan penyampaian bahan yang sistematis.
Untuk mencapai hasil berguru yang optimal salah satu cara yaitu dengan melaksanakan pendekatan secara emosional yang kuat antara guru dan siswa-siswi dalam pembelajaran, maka akan membantu guru dalam mencapai hasil pembelajaran yang seoptimal mungkin. Selain mengetahui karakteristik masing-masing siswa-siswi, guru juga harus menguasai langkah-langkah dalam menunjukkan bahan pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah dibuat. Qur’an Hadits merupakan salah satu pelajaran yang penting dalam kaitannya untuk membuatkan spiritual anak, akan tetapi alasannya yaitu pelajaran ini tidak termasuk dalam ujian nasional sehingga menjadikan pelajaran Qur’an Hadits dianggap tidak terlalu penting oleh anak, yang sanggup mengakibatkan mengurangi minat anak terhadap pelajaran ini...........baca selengkapnya laporan penelitian/makalah/jurnal ilmiah wacana Penerapan Metode Kooperatif NHT (Numbered Head Together) untuk Meningkatkan Minat Belajar Al-Qur’an Hadits Siswa-Siswi Kelas IV A SD Darul Ulum Bungurasih pribadi dari sumber aslinya di sini.
Sumber:
Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama Islam
Volume 01, Nomor 01, Juni 2010
H a l a m a n 2 5 - 3 6
Penerapan Metode Kooperatif NHT (Numbered Head Together) untuk Meningkatkan Minat Belajar Al-Qur’an Hadits Siswa-Siswi Kelas IV A SD Darul Ulum Bungurasih
Oleh:
Firman Kailani
MI Riyadul Badi'ah, Kediri
Abstrak: Pelajaran Qur’an Hadits yaitu pelajaran agama yang membentuk nilai spiritual agama, sehingga perlu adanya upaya untuk menumbuhkan minat terhadap pelajaran ini. Salah satu cara yaitu dengan jalan penerapan pembelajaran cooperatif learning NHT dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menurut permasalahan, “Apakah melalui metode cooperatif learning NHT sanggup meningkatkan minat, prestasi berguru serta respon terhadap bahan surat Al-Lahab bagi siswa-siswi kelas IV A SD Darul Ulum Bungurasih? ”. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui minat, prestasi belajar, dan respon siswa-siswi terhadap bahan surat Al-Lahab melalui pendekatan cooperatif learning NHT. Penelitian ini memakai penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini yaitu siswa-siswi kelas IV A SD Darul Ulum Bungurasih tahun pelajaran 2009/2010. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi acara berguru mengajar. Dari hasil analisis berguru terdapat peningkatan yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan berguru siswa-siswi dalam setiap siklus, yaitu siklus I (73,68%), siklus II (86,05%.). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu melalui pendekatan metode cooperatif learning NHT sanggup besar lengan berkuasa kasatmata terhadap minat, prestasi berguru serta respon siswa-siswi kelas IV A SD Darul Ulum Bungurasih Sidoarjo tahun pelajaran 2009/2010.
Kata Kunci: Qur’an Hadits, NHT (Numbered Head Together), Minat belajar.
PENDAHULUAN
Jika berbicara problem pendidikan, maka tidak akan lepas dari sosok seorang guru. Kemampuan tiap guru tidak sama, hal ini dikarenakan adanya perbedaan tingkat pendidikan, intelektual dan kondisi sosial masyarakat, sehingga berdampak dikala guru mengajar di dalam kelas baik mengenai metode yang digunakan, alat peraga, penguasaan kelas dan sebagainya. Meskipun demikian, ada prinsip yang harus tetap diperhatikan oleh seorang guru dalam mengajar yaitu membuat situasi proses pembelajaran yang benar-benar sanggup meningkatkan minat anak didik dalam belajar. Hal ini bisa dilakukan dengan cara penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi, media pembelajaran yang menunjang, dan penyampaian bahan yang sistematis.
Untuk mencapai hasil berguru yang optimal salah satu cara yaitu dengan melaksanakan pendekatan secara emosional yang kuat antara guru dan siswa-siswi dalam pembelajaran, maka akan membantu guru dalam mencapai hasil pembelajaran yang seoptimal mungkin. Selain mengetahui karakteristik masing-masing siswa-siswi, guru juga harus menguasai langkah-langkah dalam menunjukkan bahan pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah dibuat. Qur’an Hadits merupakan salah satu pelajaran yang penting dalam kaitannya untuk membuatkan spiritual anak, akan tetapi alasannya yaitu pelajaran ini tidak termasuk dalam ujian nasional sehingga menjadikan pelajaran Qur’an Hadits dianggap tidak terlalu penting oleh anak, yang sanggup mengakibatkan mengurangi minat anak terhadap pelajaran ini...........baca selengkapnya laporan penelitian/makalah/jurnal ilmiah wacana Penerapan Metode Kooperatif NHT (Numbered Head Together) untuk Meningkatkan Minat Belajar Al-Qur’an Hadits Siswa-Siswi Kelas IV A SD Darul Ulum Bungurasih pribadi dari sumber aslinya di sini.
0 Response to "Laporan Ptk: Pembelajaran Kooperatif Nht (Numbered Head Together) Sd"
Posting Komentar