Laporan Ptk: Active Learning Tipe Team Quiz

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Catatan: Makalah ini dipublikasikan di blog ini dengan tujuan untuk meningkatkan akomodasi para pendidik untuk memperolehnya dengan lebih banyak terindeks pada search engine. Makalah ini sepenuhnya bukan milik saya. Bila Anda pemilik makalah ini dan merasa bahwa tidak semestinya makalah ini diterbitkan di http://penelitiantindakankelas.blogspot.com, silakan menghubungi saya di sini, maka dengan bahagia hati saya akan menghapus konten ini. Terimakasih (admin).

Sumber:
Jurnal Ekonomi & Pendidikan (JEP) Jurusan Pendidikan Ekonomi FE UNY Volume 7 No. 2 tahun 2010.

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE QUIZ TEAM PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN DASAR KOMUNIKASI DI Sekolah Menengah kejuruan NEGERI 1 BOGOR

Oleh:
Maisaroh, S.E.,MSi.
Rostrieningsih, SPd

ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil berguru siswa melalui penerapan metode pembelajaran Active Learning tipe Quiz Team pada mata pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi.Dengan memakai sample siswa kelas XAP-1 di Sekolah Menengah kejuruan Negeri 1 Bogor pada mata pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi, peneliti melaksanakan penelitian dengan memakai dua siklus tindakan. Dalam pelaksanaannya, penelitian tindakan kelas ini dilakukan secara berulang dengan mengikuti tahapan siklus yang telah ditetapkan sehingga tercapainya tujuan dari metode pembelajaran Active Learning tipe Quiz Team melalui evaluasi kelompok dan individu. Indikator dari peningkatan hasil berguru siswa sanggup dilihat dari peningkatan hasil berguru yang diperoleh siswa sehabis mengalami proses aktivitas berguru dengan memakai metode pembelajaran Active Learning tipe Quiz Team. Hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan metode pembelajaran Active Learning tipe Quiz Team telah memperlihatkan efek yang positif terhadap peningkatan hasil berguru siswa.

Kata Kunci : Active learning, Quiz team

A. Pendahuluan
Nilai hasil berguru ialah salah satu indicator yang sanggup dipakai untuk mengukur keberhasilan berguru seseorang. Nilai hasil berguru mencerminkan hasil yang dicapai seseorang dari segi kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Dalam proses berguru mengajar, ada banyak faktor yang mensugesti pencapaian nilai hasil berguru siswa, baik yang berasal dari dalam diri siswa (internal) maupun dari lingkungan luar (eksternal).

Faktor internal terkait dengan disiplin, respon dan motivasi siswa, sementara factor eksternal ialah lingkungan belajar, tujuan pembelajaran, kreatifitas pemilihan media berguru oleh pendidik serta metode pembelajaran. Faktor-faktor tersebut mensugesti satu sama lain dan merupakan satu kesatuan yang mendasari hasil berguru siswa.

Dari semua faktor yang ada, metode pembelajaran yang dipilih oleh seorang pendidik menjadi sumber dan berkait dengan faktor yang lain. Pemilihan metode pembelajaran yang sempurna akan membawa suasana berguru yang menyenangkan dan memungkinkan siswa untuk berbagi kreatifitas. Suasana berguru yang menyenangkan akan membawa dampak pada motivasi berguru dan disiplin yang meningkat.Motivasi berguru yang tinggi menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan siswa dalam mencapai hasil berguru yang terbaik..........baca selengkapnya laporan PTK/makalah/jurnal ilmiah PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE QUIZ TEAM PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN DASAR KOMUNIKASI DI Sekolah Menengah kejuruan NEGERI 1 BOGOR ini eksklusif dari sumber aslinya di sini. Sebelum sanggup mendownload halaman tersebut, anda terlebih dahulu harus register di sini.

ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Laporan Ptk: Active Learning Tipe Team Quiz"

Posting Komentar