ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Cara Membuat Lembar Observasi PTK
Banyak guru terhambat dikala ingin melaksanakan cara-cara yang sanggup dilakukan guru untuk menyebarkan lembar observasi yang sesuai dan valid dengan ptk yang mereka lakukan.Sebenarnya, guru tidak perlu terhambat sebab dilema menyerupai ini. Seharusnya, seorang guru yang ingin meneliti (melakukan PTK) sanggup membuat sendiri lembar observasi (instrumen pengamatan) untuk penggali data tersebut melalui kajian pustaka atau kajian teori yang telah mereka lakukan. Di bawah ini, saya akan mencontohkan bagaimana menciptakan sebuat instrumen untuk mengamati kemampuan guru mengelola pembelajaran yang mengacu pada model pengajaran eksklusif (direct instruction).
Langkah-Langkah Membuat Instrumen Lembar Observasi
Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan untuk sanggup menciptakan sebuah instrumen Lembar Observasi yaitu sebagai berikut:- Cari isu sebanyak-banyaknya dari kepustakaan wacana aspek yang ingin diobservasi (bisa dilihat/diambil dari Kajian Teori/Kajian Pustaka pada anjuran penelitian.
- Pilah-pilih isu ensensial/penting, menurut data yang harus dikumpulkan dalam penelitian melalui observasi.
- Buat lembar observasi dengan mengacu pada isu penting tadi, sehingga data yang akan direkam oleh lembar observasi yang dikembangkan tersebut sesuai dengan data yang dibutuhkan, dan relevan dengan tujuan penelitian.
Sintaks Model Pembelajaran Langsung
No. | Tahap | Peran Guru |
---|---|---|
1. | Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa | Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, isu latar belakang pelajaran, pentingnya pelajaran, mempersiapkan siswa untuk belajar |
2. | Mendemonstrasikan keterampilann (pengetahuan procedural) atau mempresentasikan pengetahuan (deklaratif) | Guru mendemonstrasikan keterampilan dengan benar, atau menyajikan isu tahap demi tahap |
3. | Membimbing pelatihan | Guru merencanakan dan memberi bimbingan pelatihan |
4. | Mengecek pemahaman dan memperlihatkan umpan balik | Guru mengecek apakah siswa telah berhasil melaksanakan kiprah dengan baik, memberi umpan balik |
5. | Memberikan kesempatan untuk training lanjutan dan penerapan | Guru mempersiapkan kesempatan untuk melaksanakan training lanjutan, dengan perhatian khusus pada penerapan kepada situasi lebih kompleks dan kehidupan sehari-hari |
Maka saya sanggup menciptakan sebuah instrumen penggali data wacana kemampuan guru mengelola langkah-langkah model pembelajaran eksklusif (Direct Instruction) dengan cara memasukkan poin-poin penting pada Peran Guru dan Tahap padatabel di atas sebagai poin-poin pengamatan (observasi) pada Lembar Observasi yang dibuat. Perhatikan Lembar Observasi Kemampuan Guru Mengelola Langkah-Langkah Pembelajaran yang Mengacu Pada Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) berikut:
Contoh Lembar Observasi yang Dibuat:
LEMBAR OBSERVASI
KEMAMPUAN GURU MENGELOLA SINTAKS PEMBELAJARAN YANG MENGACU PADA MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION)
Nama Guru : .......................
Hari/Tgl : .......................
Hari/Tgl : .......................
Mata Pelajaran : ....................
Jam ke : .......................
Jam ke : .......................
Siklus ke- : ........................
Pertemuan ke : .......................
Pertemuan ke : .......................
Kelas : ........................
Materi : ........................
Materi : ........................
Petunjuk: Pengamat memberi tanda cek (v) pada kolom yang sesuai, Dibagian bawah tabel (ceklis) isikan pula secara terang hal-hal penting/menarik pada dikala guru mengelola pembelajaran.
![]() |
Silakan di klik untuk memperbesar gambar tabel |
Deskriptor:
Skor 1 : tidak dilakukan oleh guru
Skor 2 : dilakukan oleh guru tetapi masih kurang baik
Skor 3 : dilakukan oleh guru dengan cukup baik
Skor 4 : dilakukan oleh guru dengan baik
Skor 5 : dilakukan oleh guru dengan sangat baik
Hal-hal menarik/penting lain dikala guru mengelola langkah-langkah pembelajaran yang mengaplikasikan model pembelajaran eksklusif (direct instruction):
1. Tahap 1: Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
Catatan : ............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2. Tahap 2 : Mendemonstrasi-kan keterampilan (pengetahuan procedural) atau mempresentasikan pengetahuan (deklaratif)
Catatan : ............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3. Tahap 3 : Membimbing pelatihan
Catatan : ............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4. Tahap 4: Mengecek pemahaman dan memperlihatkan umpan balik
Catatan : ............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
5. Tahap 5 : Memberikan kesempatan untuk training lanjutan dan penerapan
Catatan : ............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Paringin, .............................................................
Observer
(...........................................)
NIP......................................
Nah, bandingkan Tabel pada Lembar Observasi dengan Tabel Sintaks sebelumnya. Sudah? Saya yakin anda niscaya bisa menciptakan instrumen pengamatan semacam itu. Sebagai catatan, Lembar Observasi Kemampuan Guru Mengelola Langkah-Langkah Pembelajaran yang Mengacu Pada Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) di atas hanya contoh. Anda sanggup menggunakannya, tetapi lebih baik lagi bila anda sanggup menyebarkan versi lain secara mandiri. Selamat mencoba. (Cara menciptakan lembar observasi ini juga telah disajikan pada dikala penulis memperlihatkan bahan wacana PTK di MGMP Biologi tingkat SMA/MA dan MGMP Geografi tingkat SMA/MA di Kab. Balangan pada tgl 1 Mei 2012 lalu).
Baca juga :
Cara Menyusun Lembar Observasi PTK untuk Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing
Contoh Lembar Observasi Frekuensi, Penyebaran, dan Kualitas Pertanyaan Siswa dalam Pembelajaran
Contoh Lembar Observasi Keterampilan Bertanya Guru
Contoh Lembar Observasi Pengelolaan Pembelajaran Model PBI (Pembelajaran Berdasarkan Masalah)
Contoh Lembar Observasi Keterampilan Kooperatif Siswa
Contoh Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran Kooperatif
0 Response to "Cara Menciptakan Lembar Observasi : Pola 1"
Posting Komentar