ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Artikel buku Kurikulum 2013 revisi 2017 Kelas 8 SMP/MTs ini melengkapi artikel sebelumnya terkait dengan buku Kurikulum 2013 revisi 2017 kelas 7 SMP/MTs. Buku K13 untuk kelas VIII memang tidak luput dari revisi.
Sehingga bagi madrasah yang tahun sebelumnya telah menjalankan Kurtilas untuk siswa kelas VIII sepertinya harus memakai buku baru, edisi revisi 2017.
Madrasah yang termuat dalam SK Dirjen Nomor 3932 Tahun 2016, SK Dirjen Nomor 481 Tahun 2015, dan SK Dirjen Nomor 5114 Tahun 2015 memang pada Tahun Pelajaran 2016/2017 silam telah menjalankan Kurikulum 2013. Pelaksanaannya ada yang gres pertama kalinya untuk siswa kelas 8, namun juga ada yang telah melaksanakannya semenjak tahun sebelumnya.
Terkait Buku Siswa dan Buku Guru pegangan Kurikulum 2013 memang telah mengalami beberapa perbaikan dan revisi. Buku ini pertama kali dicetak pada 2014 dan mengalami revisi pada tahun 2017. Buku Kurikulum 2013 yang dipakai ketika ini tentunya yakni buku edisi revisi terbaru, 2017.
Buku Kurikulum 2013 sebetulnya sanggup diunduh secara gratis di situs http://buku.kemdikbud.go.id. Namun untuk memudahkan para pencarinya, Blog Ayo Madrasah memberikan mirror link download sebagai alternatif untuk mengunduh buku-buku tersebut.
Baca Juga:
Buku Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD/MI
Buku Kurikulum 2013 Rev 2017 kelas 2 SD/Mi
Buku Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 4 SD/MI
BukuKurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 5 SD/MI
Buku Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas VII SMP/MTs
Buku Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 8
Buku Kur 13 Rev 2017 Kelas X dan XI SMA
Buku Siswa Kurikulum 2013
Buku Siswa Kurikulum 2013 yang ditetapkan oleh pemerintah mempunyai ketentuan sebagai berikut.
- Buku Siswa berisi klarifikasi mengenai konten dan acara pembelajaran.
- Baik uraian konten maupun kegiatan pembelajaran yang ada dalam buku siswa sanggup dikembangkan lebih lanjut oleh guru. Guru dan penerima didik sanggup berbagi dan atau menambah kegiatan sesuai dengan kondisi dan kemampuan sekolah, guru, dan penerima didik. Pengembangan dan atau penambahan kegiatan dimaksudkan
- untuk menunjukkan pemahaman lebih kepada penerima didik terhadap pengetahuan yang dipelajari, keterampilan yang dilatihkan, dan sikap yang dikembangkan.
- Kegiatan-kegiatan dalam buku siswa sebisa mungkin memaksimalkan potensi semua sumber berguru yang ada di lingkungan sekitar. Setiap kegiatan sanggup diubahsuaikan dengan kondisi penerima didik, guru, sekolah, dan lingkungan.
- Pada beberapa potongan dalam Buku Siswa diberikan ruang bagi penerima didik untuk menuliskan laporan, kesimpulan, penyelesaian soal, atau kiprah lainnya. Namun, sebaiknya dalam menuliskan kiprah tersebut penerima didik tidak terpancang pada ruang yang diberikan. Bahkan, penerima didik sanggup menuliskannya pada buku tugas.
Buku Siswa memuat hal-hal berikut, yaitu: judul bab, informasi kompetensi dasar yang sesuai dengan topik pada setiap bab. Pada setiap potongan dilengkapi dengan peta konsep, pengantar, potongan kegiatan siswa baik eksperimen maupun non eksperimen atau diskusi, latihan soal, rangkuman, evaluasi, dan kiprah bagi penerima didik.
Penggunaan Buku Siswa oleh penerima didik disarankan dimulai dengan memahami potongan pengantar potongan atau sub-bab, melaksanakan kegiatan-kegiatan yang tersedia, mendiskusikan hasil kegiatan dan memverifikasi hasil diskusi dengan informasi konsep yang ada di buku. Uraian materi lainnya merupakan potongan untuk memperdalam pemahaman konsep dan diakhiri dengan soal-soal untuk menguji pemahaman konsep secara individual.
- Buku Siswa berisi klarifikasi mengenai konten dan acara pembelajaran.
- Baik uraian konten maupun kegiatan pembelajaran yang ada dalam buku siswa sanggup dikembangkan lebih lanjut oleh guru. Guru dan penerima didik sanggup berbagi dan atau menambah kegiatan sesuai dengan kondisi dan kemampuan sekolah, guru, dan penerima didik. Pengembangan dan atau penambahan kegiatan dimaksudkan
- untuk menunjukkan pemahaman lebih kepada penerima didik terhadap pengetahuan yang dipelajari, keterampilan yang dilatihkan, dan sikap yang dikembangkan.
- Kegiatan-kegiatan dalam buku siswa sebisa mungkin memaksimalkan potensi semua sumber berguru yang ada di lingkungan sekitar. Setiap kegiatan sanggup diubahsuaikan dengan kondisi penerima didik, guru, sekolah, dan lingkungan.
- Pada beberapa potongan dalam Buku Siswa diberikan ruang bagi penerima didik untuk menuliskan laporan, kesimpulan, penyelesaian soal, atau kiprah lainnya. Namun, sebaiknya dalam menuliskan kiprah tersebut penerima didik tidak terpancang pada ruang yang diberikan. Bahkan, penerima didik sanggup menuliskannya pada buku tugas.
Buku Siswa memuat hal-hal berikut, yaitu: judul bab, informasi kompetensi dasar yang sesuai dengan topik pada setiap bab. Pada setiap potongan dilengkapi dengan peta konsep, pengantar, potongan kegiatan siswa baik eksperimen maupun non eksperimen atau diskusi, latihan soal, rangkuman, evaluasi, dan kiprah bagi penerima didik.
Penggunaan Buku Siswa oleh penerima didik disarankan dimulai dengan memahami potongan pengantar potongan atau sub-bab, melaksanakan kegiatan-kegiatan yang tersedia, mendiskusikan hasil kegiatan dan memverifikasi hasil diskusi dengan informasi konsep yang ada di buku. Uraian materi lainnya merupakan potongan untuk memperdalam pemahaman konsep dan diakhiri dengan soal-soal untuk menguji pemahaman konsep secara individual.
Buku Guru Kurikulum 2013
Buku Guru dalam Impelemntasi Kurikulum 2013 merupakan pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran yang mencakup persiapan, pelaksanaan, dan penilaian serta pedoman penggunaan buku siswa.
Buku ini disusun biar guru mendapat citra yang terang dan rinci dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Buku Guru berisi hal berikut: a. Pengalaman berguru yang bermakna untuk membangun sikap dan sikap positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi,kemampuan menuntaskan masalah, inkuiri, kreaktivitas, dan langsung reflektif;
b. Berbagai teknik penilaian penerima didik;
c. Informasi yang menjadi teladan kegiatan remedial dan pengayaan;
d. Kegiatan interaksi guru dan orang tua, yang menunjukkan kesempatan kepada orang renta untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan berguru penerima didik di rumah;
e. Petunjuk penggunaan Buku Siswa
Buku Guru dipakai guru sebagai teladan dalam penyelenggaraan proses pembelajaran dan penilaian di kelas.
Secara khusus Buku Guru berfungsi sebagai berikut.
a. Membantu guru berbagi kegiatan pembelajaran dan penilaian;
b. Memberikan gagasan dalam rangka berbagi pemahaman, keterampilan, dan sikap serta sikap dalam banyak sekali kegiatan berguru mengajar;
c. Memberikan gagasan contoh pembelajaran yang mengaktifkan penerima didik melalui banyak sekali ragam metode dan pendekatan pembelajaran dan penilaian; dan
d. Mengembangkan metode yang sanggup memotivasi penerima didik untuk selalu menerapkan nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari penerima didik.
Buku Guru terdiri atas dua bagian, yaitu petunjuk umum pembelajaran dan petunjuk khusus pelaksanaan pembelajaran pada setiap potongan sesuai dengan Buku Siswa. Petunjuk umum pembelajaran berisi informasi perihal cakupan dan lingkup materi pembelajaran, tujuan pembelajaran, taktik pembelajaran yang mencakup pendekatan, model dan metode, klarifikasi perihal media dan sumber berguru serta prinsip-prinsip penilaian pada pembelajaran.
Petunjuk khusus pembelajaran terdiri dari beberapa potongan sesuai dengan materi pada Buku Siswa, yakni berisi informasi bagi guru untuk persiapan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran pada potongan tersebut. Pada umumnya potongan ini berisi: peta konsep untuk materi pada potongan ini, cakupan materi untuk tatap muka, KI dan KD yang sesuai dengan materi, alokasi waktu, dan rincian materi setiap tatap muka.
Selanjutnya pada potongan ini terdapat uraian pembelajaran untuk setiap tatap muka, mulai dari IPK, alternatif kegiatan pembelajaran, sumber berguru dan media pembelajaran.
Bagian penilaian berisi informasi perihal teknik dan bentuk penilaian oleh guru, penilaian diri, penilaian antar penerima didik dan informasi pembahasan soal pada buku siswa. Buku guru dan buku siswa merupakan standar minimal yang sanggup dikembangkan jikalau guru merasa perlu mengembangkannya sesuai dengan kondisi sekolah, terutama yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran, guru sanggup menyesuaikan sesuai dengan alat dan materi praktikum atau media belajar
Buku ini disusun biar guru mendapat citra yang terang dan rinci dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Buku Guru berisi hal berikut:
b. Berbagai teknik penilaian penerima didik;
c. Informasi yang menjadi teladan kegiatan remedial dan pengayaan;
d. Kegiatan interaksi guru dan orang tua, yang menunjukkan kesempatan kepada orang renta untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan berguru penerima didik di rumah;
e. Petunjuk penggunaan Buku Siswa
Buku Guru dipakai guru sebagai teladan dalam penyelenggaraan proses pembelajaran dan penilaian di kelas.
Secara khusus Buku Guru berfungsi sebagai berikut.
a. Membantu guru berbagi kegiatan pembelajaran dan penilaian;
b. Memberikan gagasan dalam rangka berbagi pemahaman, keterampilan, dan sikap serta sikap dalam banyak sekali kegiatan berguru mengajar;
c. Memberikan gagasan contoh pembelajaran yang mengaktifkan penerima didik melalui banyak sekali ragam metode dan pendekatan pembelajaran dan penilaian; dan
d. Mengembangkan metode yang sanggup memotivasi penerima didik untuk selalu menerapkan nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari penerima didik.
Buku Guru terdiri atas dua bagian, yaitu petunjuk umum pembelajaran dan petunjuk khusus pelaksanaan pembelajaran pada setiap potongan sesuai dengan Buku Siswa. Petunjuk umum pembelajaran berisi informasi perihal cakupan dan lingkup materi pembelajaran, tujuan pembelajaran, taktik pembelajaran yang mencakup pendekatan, model dan metode, klarifikasi perihal media dan sumber berguru serta prinsip-prinsip penilaian pada pembelajaran.
Petunjuk khusus pembelajaran terdiri dari beberapa potongan sesuai dengan materi pada Buku Siswa, yakni berisi informasi bagi guru untuk persiapan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran pada potongan tersebut. Pada umumnya potongan ini berisi: peta konsep untuk materi pada potongan ini, cakupan materi untuk tatap muka, KI dan KD yang sesuai dengan materi, alokasi waktu, dan rincian materi setiap tatap muka.
Selanjutnya pada potongan ini terdapat uraian pembelajaran untuk setiap tatap muka, mulai dari IPK, alternatif kegiatan pembelajaran, sumber berguru dan media pembelajaran.
Bagian penilaian berisi informasi perihal teknik dan bentuk penilaian oleh guru, penilaian diri, penilaian antar penerima didik dan informasi pembahasan soal pada buku siswa. Buku guru dan buku siswa merupakan standar minimal yang sanggup dikembangkan jikalau guru merasa perlu mengembangkannya sesuai dengan kondisi sekolah, terutama yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran, guru sanggup menyesuaikan sesuai dengan alat dan materi praktikum atau media belajar
1. Link Buku Kurtilas Revisi 2017 Kelas VIII SMP/MTs
Untuk mengunduh buku-buku Kurikulum 2013 untuk siswa kelas VIII SMP/MTs sanggup memakai link download yang disediakan oleh Ayo Madrasah sebagaimana di bawah ini.
Adapun daftar buku dan link untuk setiap mata pelajaran yakni sebagai berikut:
- Buku Guru Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk Kelas VIII SMP/MTs
- Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas VIII Revisi 2017; Klik Disini
- Buku Guru Bahasa Inggris Kelas VIII Revisi 2017; Klik Disini
- Buku Guru IPA Kelas VIII Revisi 2017; Klik Disini
- Buku Guru IPS Kelas VIII Revisi 2017; Klik Disini
- Buku Guru Matematika Kelas VIII Revisi 2017; Klik Disini
- Buku Guru PAI Kelas VIII Revisi 2017; Klik Disini
- Buku Guru PJOK Kelas VIII Revisi 2017; Klik Disini
- Buku Guru PPKn Kelas VIII Revisi 2017; Klik Disini
- Buku Guru Prakarya Kelas VIII Revisi 2017; Klik Disini
- Buku Guru Seni Budaya Kelas VIII Revisi 2017; DOWNLOAD
- Buku Siswa Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk Kelas VIII SMP/MTs
- Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VIII Revisi 2017; Klik Disini
- Buku Siswa Bahasa Inggris Kelas VIII Revisi 2017; Klik Disini
- Buku Siswa IPA Kelas VIII Revisi 2017 Semester 1; Klik Disini
- Buku Siswa IPA Kelas VIII Revisi 2017 Semester 2; Klik Disini
- Buku Siswa IPS Kelas VIII Revisi 2017; Klik Disini
- Buku Siswa Matematika Kelas VIII Revisi 2017 Semester 1; Klik Disini
- Buku Siswa Matematika Kelas VIII Revisi 2017 Semester 2; Klik Disini
- Buku Siswa PAI Kelas VIII Revisi 2017; Klik Disini
- Buku Siswa PJOK Kelas VIII Revisi 2017; Klik Disini
- Buku Siswa PPKn Kelas VIII Revisi 2017; Klik Disini
- Buku Siswa Prakarya Kelas VIII Revisi 2017; Klik Disini
- Buku Siswa Seni Budaya Kelas VIII Revisi 2017; Klik Disini
Khusus untuk Buku mata pelajaran PAI, Madrasah Tsanawiyah memakai buku tersendiri yang mencakup pelajaran mata pelajaran Alquran Hadits, Akidah Akhlak, Fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam, dan Bahasa Arab.
Dengan tersedianya link wirror download tersebut, semoga lebih memudahkan para guru, siswa, dan orang renta siswa dalam mendapat file Buku Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 8 SMP/MTs.
Baca Juga:Demikian Semoga Bermanfaat
Kisi-kisi soal Pretest PPG 2018
Mengintegrasikan-ppk-literasi-4c-dan Hots dalam RPP Kurikulum 2013 revisi
Silabus dan RPP Kelas I SD/MI Kurikuum 2013Revisi 2017
Silabus dan RPP Kelas III SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus dan RPP Kelas IV SD Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus dan RPP Kelas V SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus dan RPP Kelas VI SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
0 Response to "Buku Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Kelas 8 Smp/Mts"
Posting Komentar