Pakem – Penerapan Di Lapangan

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
PAKEM – Penerapan Di Lapangan

Muhammad Faiq Dzaki

Beberapa orang memandang bahwa PAKEM sama dengan kerja kelompok. Jika dalam suatu kelas sedang berlangsung pembelajaran dan di sana siswa tetap duduk menyerupai orang menonton bioskop, semua menghadap ke depan, duduk berdua dengan satu bangku, maka dengan gampang dan cepat dikatakan kelas itu tidak PAKEM. Tetapi sebaliknya, bila di suatu kelas siswa sedang duduk berkelompok, walau mereka hanya duduk dalam kelompok, tetapi tidak semua siswa bekerja, maka dengan gampang kita menyampaikan kelas itu PAKEM. Seharusnya menilai PAKEM tidaknya suatu pembelajaran tidak cukup hanya dengan melihat pengaturan daerah duduk siswa,
tetapi harus diperhatikan pula intensitas keterlibatan siswa dalam belajar.

Beberapa isu-isu penerapan PAKEM di kelas yakni sebagai berikut:
1) Guru belum memperoleh kesempatan menyaksikan pembelajaran PAKEM yang baik;
2) Guru belum mempunyai acuan (buku, video, dll) perihal pembelajaran PAKEM yang baik;
3) Tugas yang diberikan guru kepada siswa masih bersifat tertutup dan banyak pengisian lembar kerja (LK) yang kurang baik;
4) Pembelajaran belum memperlihatkan tantangan sesuai kemampuan siswa
5) Pembelajaran hanya mengajarkan satu indikator dengan satu aktivitas;
6) Perbedaaan individual siswa belum diperhatikan termasuk laki-laki/perempuan, pintar/ kurang pintar, sosial ekonomi tinggi/rendah;
7) Pengelolaan siswa kurang sesuai dengan kegiatan;
8) Guru merasa khawatir untuk melakukan PAKEM di kelas 6 dan 9;
9) Pajangan cenderung menampilkan semua apa yang dikerjakan siswa dengan hasil yang seragam;
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Pakem – Penerapan Di Lapangan"

Posting Komentar