Laporan Ptk: Pembelajaran Kooperatif Stad

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Catatan: Makalah ini dipublikasikan di blog ini dengan tujuan untuk meningkatkan fasilitas para pendidik untuk memperolehnya dengan lebih banyak terindeks pada search engine. Makalah ini sepenuhnya bukan milik saya. Bila Anda pemilik makalah ini dan merasa bahwa tidak semestinya makalah ini diterbitkan di http://penelitiantindakankelas.blogspot.com, silakan menghubungi aku di sini, maka dengan bahagia hati aku akan menghapus konten ini. Terimakasih (admin)

Sumber:
Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama Islam
Volume 01, Nomor 01, Juni 2010
H a l a m a n 1 1 - 2 4

Judul:
Meningkatkan Prestasi Belajar Akidah Akhlak melalui Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division pada Siswa-Siswi Kelas V/b SD Darul Ulum Bungurasih Waru Sidoarjo Tahun Pelajaran 2009/2010


Oleh:
Imam Zarkasyi
MI Al-Hidayah, Mojokerto

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi berguru Akidah Akhlak siswa-siswi kelas V-b SD Darul Ulum Bungurasih Waru Sidoarjo melalui cooperative learning tipe STAD (Student Team Achievement Division), serta untuk mengetahui respon siswa terhadap bahan Akidah Akhlak dengan metode cooperative learning tipe STAD (Student Team Achievement Division). Rumusan masalahnya yaitu a) apakah pembelajaran cooperative learning model STAD sanggup meningkatkan prestasi berguru Akidah Akhlak?, b) bagaimana respon siswa dalam menerapkan metode pembelajaran cooperative learning model STAD?. Jenis yang dipakai dalam penelitian ini yaitu tindakan (action research) sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, acara dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini yaitu siswa kelas V-b SD Darul Ulum Bungurasih Waru Sidoarjo Tahun Pelajaran 2009/2010. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi acara berguru mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi berguru siswa mengalami peningkatan dari siklus I hingga siklus III yaitu siklus I (61,78%, siklus II (71,79%, siklus III (71,42%). Simpulan dari penelitian ini yaitu metode cooperative learning model STAD besar lengan berkuasa positif dalam meningkatkan prestasi berguru siswa, yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan berguru siswa dalam setiap siklus.

Kata kunci: Pembelajaran Akidah Akhlak, Kooperatif model STAD

PENDAHULUAN
Guru memiliki tanggung jawab besar terhadap keberlangsungan acara berguru mengajar di sekolah. Sebagai komponen eksklusif yang terjun di dunia pendidikan guru memiliki kewajiban yang tidak ringan di dalam mendidik siswa-siswinya di sekolah. Karena sesuai kiprah dan peranan guru. (Slavin, Robert E, 2008;34).

Dengan berkembangnya kebudayaan yang mencakup teknologi, perkembangan jumlah anak yang memerlukan pendidikan disertai dengan cita-cita insan untuk serba cepat dalam segala hal membawa efek pula atas kiprah dan peranan guru. Natawidjaja juga menyatakan dengan semakin bertambahnya isi pengetahuan yang harus diberikan guru ditambah lagi dengan bertambahnya jumlah murid, bertambahnya kiprah guru baik alasannya yaitu alasan sosial dan hemat maka harus ada jalan keluar. Salah satu jalan keluar itu yaitu penggunaan metode cooperative learning model Student Team Achievement Division (STAD) untuk keperluan proses pengajaran. ..............baca selengkapnya malakah/jurnal penelitian/laporan penelitian Meningkatkan Prestasi Belajar Akidah Akhlak melalui Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division pada Siswa-Siswi Kelas V/b SD Darul Ulum Bungurasih Waru Sidoarjo Tahun Pelajaran 2009/2010 ini eksklusif dari sumber aslinya di sini.


ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Laporan Ptk: Pembelajaran Kooperatif Stad"

Posting Komentar